Saturday, 21 May 2011

Tradisi Cebur Kolam FKIP UNMUL

Jeritan Evi, gadis cantik yang tepat hari ini genap berusia 19 tahun itu mengalihkan perhatian hampir seluruh mahasiswa yang berada di sekitar tempat itu. Jeritannya bagaikan jeritan seorang penakut yang berada di kuburan malam jumat kliwon dan dikelilingi kumpulan setan-setan kuburan. Bagaimana tidak teriakannya dahsyat bukan kepalang, iya menjerit histeris takut diseret oleh teman-teman akrabnya ke dalam kolam ikan di fakultas "sejuta umat" kami. Seluruh pandangan tertuju pada fenomena kampus yang menarik itu, Tradisi yang bisa saja dilakukan para mahasiswa atau mahasiswi kapan saja setiap ada salah satu dari mereka yang mengulang tahun di usia barunya. Dan tontonan itu sayang untuk dilewatkan karena ada kepuasan bagi yang menonton dan yang menyeburkan apabila target berhasil terjun dan terperosok ke dalam kolam dangkal itu.
Setelah tiga puluh menit berlalu tawa canda haha-hihi Evi bersama teman-temannya sepertinya menunda dan menggagalkan ritual ulang tahun tersebut, Evi berhasil melarikan diri dan tontonan berakhir. Entah karena setelah Pak Didimus melintas tadi mereka jadi enggan melanjutkan pemaksaan penceburan terhadap Evi atau mungkin mereka sudah kelelahan karena tenaga mereka yang hanya terdiri dari dua orang tidak cukup kuat untuk menceburkan Evi. Beberapa bulan yang lalu dan beberapa bulan yang lalu juga ada serentetan peristiwa penceburan ke kolam fkip tersebut dan selalu berhasil membawa target dan menjalankan aksi dengan mulus dan lancar.
Secara pribadi saya tidak setuju dengan tindakan para mahasiswa dan mahasiswi tersebut, terkadang terkesan seperti anak SD yang sedang bermain saat jam istirahat tiba, sangat riuh apalagi hingga melibatkan seluruh penghuni kelas yang bersangkutan, akibatnya kami atau kelas lain yang sedang belajar merasa terganggu dengan adanya keributan tersebut. Disamping itu, Apabila difikir lagi kegiatan ini kurang bermanfaat. Mengapa? Karena apa yang bisa didapat oleh yang ulang tahun Saat dirinya basah kuyub,pulang ke rumah dengan kondisi menggigil kedinginan dan berpotensi untuk masuk angin. Apakah kalian teman-temannya tega dengan teman kalian sendiri demi kepuasan kalian? Ulang tahun sih ulang tahun, memberi surprise sih memberi surprise tapi masih ada yang lebih baik kok, kita bisa mengubah tradisi cebur kolam fkip menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi yang ulang tahun khususnya, misalnya seharian penuh mengistimewakan teman yang berulang tahun tersebut dan mentraktir serta membahagiakan teman kita tersebut. Bukannya membebani dengan mengerjainya dan memaksanya untuk mentraktir, tapi justru sebaliknya pada hari yang istimewa seharusnya kita yang memperlakukan dia secara istimewa. :)

No comments:

Post a Comment

Jangan diem aja, komen juga dongg :D