Tuesday, 30 August 2011

Ke Korea Yuk !


Anda penggemar drama korea, komik korea(ManHwa), Musik Pop Korea (K-Pop), Orang-orang Korea, produk elektronik (SAMSUNG, LG, Yong ma, Kirin), produk kosmetik, produk mesin dan segala sesuatu mengenai Korea? Dalam hal ini (Korea Selatan). Tentunya apabila anda menjawab “iya” pasti ada sesuatu yang menarik dari negeri ginseng ini, yang membuat anda ingin mengetahui seluk beluknya bahkan pernah terbersit di pikiran anda untuk terbang menuju kesana. Apakah yang membuat anda sangat menyukai hal tersebut? Mungkin kita berbicara mengenai drama atau film Korea terlebih dahulu. Seperti saya pribadi anda mungkin memiliki pendapat yang sama dengan saya. Menurut saya Drama Korea ataupun Film Korea memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan serial TV dari Negara-negara lain. Film maupun drama Korea sangat menarik baik dari segi alur, setting, jalan cerita, episode yang tidak terlalu panjang,kisah menarik dan juga pemainnya yang tidak membuat kita bosan. Apabila dibandingkan dengan Sinetron (Indonesia) dapat kita jumpai perbedaan yang begitu jauh. Drama Korea dapat membuat kita hanyut, menggugah emosi, terharu, dan kadang juga bisa bikin menghayal hahaha. Tapi apa yang kita dapatkan ketika menonton sinetron Indonesia? Yang ada sih malah membuat kita dongkol. Jalan cerita yang berputar-putar seperti benang kusut hanya memperlihatkan sebuah cerita yang konstan hingga episodenya tidak kunjung berakhir bahkan ada tuh yang nyampe tujuh ratusan episode (sebut saja lah :Cinta Fitri) yang berhasil mengalahkan rekor (MURI)sebelumnya yakni Tersanjung dengan 356 Episode. Saya gak mau membahas tentang sinetron Indonesia jadi kita langsung lanjut saja..

Tidak lepas dari Drama Korea dan Film Korea, Novel dan Komik yang ceritanya bagus turut berperan dalam suksesnya sebuah film atau drama. Karena kebanyakan Film atau drama Korea diadaptasi dari komik dan novel yang tidak kalah menariknya. Ketimbang melihat versi drama atau film anda akan mendapat feel yang berbeda ketika membacanya. Jadi untuk anda penggemar manga dan novel, tidak ada salahnya untuk membaca komik korea (ManHwa) dan Novel-novelnya Korea juga. Tapi tidak jarang pula Drama Korea mengadaptasi komik dari Jepang, misalnya Boys before flowers (Hana Yori Dango), You’re Beautiful (Ikemen Desu Ne), City Hunter dan masih banyak lagi.

Oke kita lanjut ke Musik Korea. Anda tau tidak apa nama Boyband dan Girlband yang paling top saat ini? Mungkin dalam pikiran anda sedang terlintas nama-nama seperti Big Bang, DBSK, Super Junior, FT island,….dll. atau mungkin wanita-wanita cantik yang tergabung dalam girlband seperti SNSD,Wondergirls, F(x), Miss A, T-Ara dan masih banyak lagi yang kian hari, kian merebak Hallyu (Demam Korea) di berbagai penjuru dunia. Apa sih yang bikin kita senang sekali melihat mereka? Apa karena MV-nya, Mukanya yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik, suaranya, tariannya, talenta mereka dalam bermusik, aliran musik yang khas atau banyak sekali alasan-alasan lainnya. Dari Tahun ke tahun jumlah penggemar aliran K-pop di seluruh dunia kian meningkat drastis. Alasan utama yang membuat seseorang tertarik dengan K-pop bahkan saat pertama kali melihatnya adalah karena Wajah dan penampilan personel-personil group(girlband/Boyband) dan musisi lainnya terlihat sangat sempurna. Alasan terkuat lainnya adalah aliran musik yang khas dan konsep MV yang sangat menarik.

Tidak hanya dari segi entertainment, korea juga merupakan produsen produk teknologi yang semakin berkembang pesat. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  di korea sangat berpengaruh pada kehidupan ekonomi di korea yang membuat penghasilan per-kapita nya membuat korea menjadi salah satu Negara yang maju.
Oya dari aspek layanan jasa (sebenarnya masih teknologi) yang paling berkualitas dan tinggi di dunia, Korea merupakan Negara yang memiliki teknik operasi/bedah plastik yang terpercaya. Tidak diragukan lagi, menjadi dokter bedah plastik di korea pasti banyak sekali duitnya hehehe. Karena hampir seluruh warga korea berusia 20-30 tahun sudah mengalami operasi plastik dan hal ini adalah suatu kewajaran di Korea.Selain hasilnya sangat bagus harganya lebih terjangkau dari jepang loh! Anda berminat ?? :D

Setelah anda tahu, dan apabila anda telah terkena Syndrom Korean Wave (Hallyu) anda adalah seorang Korean fanatic. Anda memiliki ambisi yang kuat untuk pergi korea atau bertemu langsung dengan Idola anda. Tapi tunggu dulu, anda benar-benar ingin pergi kesana? Apa yang akan anda lakukan disana nanti? Mau jadi TKI? (Hehehe v pisssmen) mungkin itu adalah mimpi anda sekarang, tapi jangan lanjutkan dahulu mimpi anda. Sadarlah kalau mimpi terlalu tinggi nanti jatuhnya sakit loh! Hehehe

Ada beberapa bahan pertimbangan yang dapat menjadi pertimbangan sebelum anda jatuh dari mimpi anda.  Korea memanglah Negara yang penuh dengan bidadari cantik juga pangeran tampan, Negara yang memiliki tempat-tempat indah, Negara maju dengan berbagai teknologi canggih. Membuat anda ingin hidup dan tinggal di sana atau bahkan apabila sebelum anda terlahir dapat meminta permohonan pada Tuhan anda ingin terlahir sebagai orang korea. Eiitssss jangan lanjutkan semua mimpi-mimpi itu! Ayo kita membahas korea dari jaman dahulu kala. <flashback>

Sama seperti Indonesia, pada jaman dahulu, Korea merupakan Negara yang dijajah oleh Jepang. Tidak terbayang kan seperti apa kejamnya penjajahan jepang terdahulu?  Penuh dengan penderitaan bukan? (saya masih berpikir: orang-orang romusha korea___sekarang jadi masyarakat modern yang berkualitas). Lantas seperti apa setelah mereka terbebas dari penderitaan oleh penjajahan jepang dapat menjelma menjadi Negara modern maju dalam kurun waktu yang singkat? Padahal kalau dipikir Korea merupakan Negara yang miskin kekayaan alamnya, tidak ada hasil bumi yang dapat diandalkan tanahnya juga tidak sesubur Indonesia. Penjajahan Jepang pun lebih lama disana ketimbang di Indonesia. Jawabannya karena warga korea memiliki keunggulan yakni memiliki sikap disiplin, kerja keras yang tinggi, rasa kebangsaan, serta rasa senasib sepenanggungan sesama  warga Negara. Hal-hal tersebut menjadi faktor-faktor penentu kemajuan korea selatan yang melonjak sangat tajam tersebut.

Kemajuan dan perkembangan korea selatan tidak hanya terlihat dari jaman dahulu saja, sekarang pun, perkembangan di korea selatan dari berbagai aspek kian hari kian melaju.Hal ini menyebabkan perubahan sosial yang turut mempengaruhi perubahan-perubahan besar dalam masa pendek dalam hal politik, ekonomi, budaya dibanding dengan Negara-negara lain. Perubahan ekonomi inilah yang membuat warga korea bekerja keras untuk menyesuaikan hidup dengan perubahan kehidupan yang keras sehingga apabila mereka tidak bisa survive, jalan yang sering mereka ambil adalah bunuh diri. Apakah anda memiliki tabungan yang cukup untuk tinggal disana?

Selanjutnya anda akan sangat terkejut setelah mengetahui bahwa tingkat orang stress di korea mencapai 81%, Hal ini tidak mengherankan mengingat perubahan sosial serta kehidupan yang keras di sana. Penyebab stress orang korea yang menginjak 81% itu, juga dikarenakan karena ketika masih muda mereka mengalami depresi berat untuk menghadapi ujian sekolah maupun bersaing untuk memasuki universitas karena akan mempengaruhi pemilihan pekerjaan bahkan perkawinan. Hal ini menyebabkan banyak pelajar muda yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Tidaklah mengherankan jika anda menemukan banyak agen konsultasi masalah depresi bertebaran di korea. Dicatatkan di sebuah situs bahwa 36 orang korea bunuh diri dikarenakan depresi. Di internet pun ada sebuah situs bunuh diri dimana pengunjungnya chatting dan bertemu untuk bunuh diri bersama. 250 situs semacam ini akan ditutup pemerintah pada tahun ini.

Nah.. Bahan pertimbangan yang mesti dipertimbangkan sebelum  pergi ke korea adalah:  Hidup di sana KERAS!!  Jadi anda harus mempertimbangkan hal ini sebelum benar-benar menetap disana. Kalau liburan, why not.. selama masih ada pitis.. hehe 

7 comments:

  1. ..=>MBAH DIMAS jaya<=...
    NOMOR TELPON : 082 277 277 370
    [=>>KLIK DISINI FORUM ANGKA RITUAL MBAH DIMAS jaya<<=]

    **** BELIAU JUGA BISA MEMBERIKAN SOLUSI LAIN SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN
    2.JUAL TUYUL
    3.JUAL KERIS
    4.BATU PERMATA
    5.DLL
    SALAM KENAL SEMUA,...

    ReplyDelete
  2. ..=>MBAH DIMAS jaya<=...
    NOMOR TELPON : 082 277 277 370
    [=>>KLIK DISINI FORUM ANGKA RITUAL MBAH DIMAS jaya<<=]

    **** BELIAU JUGA BISA MEMBERIKAN SOLUSI LAIN SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN
    2.JUAL TUYUL
    3.JUAL KERIS
    4.BATU PERMATA
    5.DLL
    SALAM KENAL SEMUA,...

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D