Thursday, 8 September 2011

Macam-Macam Tipe Komik


Temen-temen yang seneng or doyan banget baca komik pasti pengen tau kan, macam-macam tipe komik. Yang biasa kita jumpai di situs-situs Free read manga online atau situs-situs tempat download komik gratis maupun di tempat loak, perpustakaan dan rental komik. Berikut ini merupakan tipe-tipe komik menurut Negara pembuat/pengembang yang sering beredar di kalangan kita:



1.       Komik Amerika
      Komik amerika adalah komik yang “jelas” keluaran amerika punya. Komik-komik amerika yang paling   populer adalah komik yang selalu mengusung cerita kepahlawanan (superhero).  Seperti produk-produk Marvel dan DC Comics. Contoh komik amerika yang populer antara lain; Watchmen, Batman, Superman dan X-Men.

2.       Manga
       Merupakan istilah untuk komik yang berasal dari Jepang dan dibaca dari kanan ke kiri. Manga merupakan komik yang paling digemari oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Komik yang berhasil laris manis dan diminati pasar biasanya diangkat menjadi serial animasi yang disebut Anime. Tidak jarang pula diadaptasi menjadi drama televisi atau film. Hal ini dikarenakan Manga memiliki cerita yang hidup, memiliki plot yang tersusun apik dan kisah-kisah yang menarik.  Jumlah manga yang popular sudah sangat banyak sekali. Contohnya;  ShinChan, Doraemon, One Piece, Naruto, Bleach, Gantz, Fullmetal Alchemist, banyak deh pokoknya.

3.      Manhwa
       Merupakan istilah untuk komik yang berasal dari korea yang dibaca dari kiri ke kanan. Komik korea tidak jauh berbeda dengan komik jepang, hanya saja akan terlihat gaya gambar yang berbeda(mungkin terlihat lebih modis dan menurut gue bagus banget detilnya) dan jumlahnya masih sedikit. Contoh Manhwa yang populer;  Hot Blooded Girl, Lineage, Really, Goong, Shi Hwa Mong, Be My Sweet Darling dan gue gak tau terlalu banyak. Komikus yang gue suka: Do-Chan (penasaran orangnya kaya apa ya??)

4.      Man Hua
      Ini istilah komik dari hongkong ataupun Cina. Sebenarnya antara penyebutan Manga(jepang)dengan Man hua dalam tulisan kanji adalah sama, namun sekarang man hua di jepang populer dengan sebutan manga yang ditulis dengan huruf katakana. Perkembangan Man Hua di Cina pun sangat dipengaruhi oleh berkembangnya komik jepang. Jadi tidak jauh berbeda dari manga maupun manhwa hanya saja kita akan melihat perbedaan(pula) dari Chinese drawing-nya, genre action yang lebih memperlihatkan seni bela diri (KungFu) dan budaya Mandarin yang kental. Mengenai komik Cina/Hongkong yang populer contohnya: Legend of Condor Heroes, Super Fighter, TWINS dan lain-lain. Sayangnya gue gak pernah baca komik Cina atopun HongKong.

5.      Komik Eropa
      Komik Eropa berasal dari Negara-negara di Benua Eropa. Misalnya Inggris, Belanda, Perancis dan lain-lain. Seperti komik Amerika, komik Eropa biasa didominasi cerita kepahlawanan dan juga komedi namun ada juga yang dikhususkan untuk kalangan dewasa. Contoh komik Eropa antara lain; Tintin, Tanguy, Tina, Aria dan lain-lain.

6.        Komik Indonesia
       Perkembangan komik di negeri kita tercinta dimulai dari masuknya komik Cina yang dimuat pada surat kabar. Dengan adanya peran komikus-komikus yang  hebat, perkembangan komik berjaya pada tahun 50-80an yakni cerita kepahlawanan yang bergenre silat fantasi , magis, pewayangan, dan roman seperti Si Buta dari Gua Hantu, Man, Mati Kau Tamaksa dan lain-lain. Komik Indonesia pada masa lampau sebenarnya berkualitas, alur cerita menarik, karakter yang kuat, teknik berkomik komikus yang luar biasa. Sayangnya dengan adanya berbagai perubahan yang terjadi di Indonesia membuat perkembangan komik merosot tajam juga kalah dengan populernya komik asing.  Anda berniat untuk mengangkat kembali komik dalam negeri?

Itulah tujuh macam tipe komik yang gue bahas di postingan gue malam ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman. Makasii ya udah pada mau mampir, jangan lupa kasih komentar yaa J

2 comments:

  1. terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  2. Infonya mantaaaap! Terimakasih yak :)

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D