Monday, 24 October 2011

Belajar Menulis Ilmiah

Hari ini, tanggal 24 Oktober 2011. Saya berkesempatan untuk mengikuti Workshop Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Program Studi di kampus saya sendiri. Sebagai mahasiswa yang tidak tergolong baru alias bukan MABA lagi, saya sebenarnya tidak punya pengalaman menulis karya tulis ilmiah dan di sekolah pun tidak pernah berkesempatan. Tetapi dengan adanya "event" ini, saya merasa beruntung memiliki kesempatan untuk belajar menulis, apalagi pembicaranya luar biasa Ibu Yuni Sri Rahayu, Ph.D. Acara ini diselenggarakan mulai hari ini hingga jumat, 28 oktober. Full dari jam 8.30 pagi hingga 17.30 sore, ya walaupun hanya duduk dan mendengarkan/memahami materi yang disampaikan terkadang rasa kantuk menerpa dan pegel pun mendera. Tapi kalau urusan rasa lapar, kami tidak perlu khawatir, ada tiga sesi istirahat yang satu diantaranya makan besar dan dua diantaranya makan ringan, :D yang ini sih bikin betah (apaan sih). 

Sesi pembukaan diawali dengan khidmat, wajah semua peserta masih seger-seger. Bedak kinclong, rambut klimis, jilbab rapi dan masih cantik-cantik dan ganteng-ganteng pokoknya (pemandangan ini sangat jauh berbeda ketika menginjak 3/4 bagian dari acara, jadi rembes). Disambut sambutan-sambutan singkat, padat dan jelas oleh Bapak Dekan tercinta (baca PakDe), kemudian dilanjut sambutan dari ketua panitia serta ketua prodi. Setelah kudapan atau pembagian snack dan istirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan sesi utama yang bakal memenuhi acara hingga matahari terbenam yakni penyampaian materi dari narasumber.

Materi awal berjudul "Penulisan Karya Ilmiah". Nah dilihat dari judulnya saja, jelas dari awal hingga akhir dibawakannya materi membahas mengenai penulisan karya tulis ilmiah. Materi bahasan ini sudah tidak asing lagi mengingat semester kemarin Dosen Bahasa Indonesia telah menjelaskannya dengan sangat jelas sekali, namun sayangnya dalam ingatan saya penjelasan tersebut sudah samar-samar di ingatan saya (itumah emang ingatanmu yang kurang jelas ima) Tapi dengan penjelasan dari Ibu Yuni yang lebih spesifik, penulisan karya tulis ilmiah ternyata menarik minat saya lebih jauh tentang karya tulis ilmiah. Beliau mengajak kami untuk mengikrarkan janji untuk "memulai menulis" dan memandang bahwa "menulis karya tulis ilmiah itu mudah dan tidak sulit".

Hmmm menulis, sebagai hobi saya yang tidak bisa dibilang hobi baru lagi. Menulis memang akrab dengan saya sehari-hari entah itu menulis sms, status di facebook, twitter hahaha nggak kok, maksud saya menulis yang sekedar menulis seperti yang saya sedang lakukan saat ini. Hanya bedanya, dulu hanya ada di buku coretan dan kini bisa saya tuangkan ke blog saya ini. Menulis memang kegiatan yang menyenangkan dan wajib kita kembangkan menjadi sebuah habit atau kebiasaan. Menulis itu dapat menumpahkan segala keluh kesah, membuat lega, bahagia dan bisa bermanfaat bagi orang lain (berbagi pengalaman atau informasi). Menulis bagai memotret sebuah momen berharga di setiap keping-keping kehidupan yang suatu hari dapat kita buka di sebuah album kenangan. Memang, sebagai blogger newbie bahasa saya ini masih jauh dari bahasa yang taksa. Tulisan saya tidak memakai sastra dan terkadang rancu serta tidak baku (seperti beberapa bulan yang lalu: nulis di blog pake gue terus aku dan kemudian sekarang saya *gak konsisten). Dan mulai sekarang saya akan mencoba menulis dengan menggunakan bahasa yang ilmiah.. yah, namanya juga belajar :D ) 





Di ajang ini, saya berharap dapat memahami bagaimana cara penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan    belajar memecahkan masalah dengan membuat suatu terobosan atau inovasi baru menggunakan metode ilmiah dan melaporkannya dalam bentuk tulisan berbasis ilmiah.Serba ilmiahlah, makin ilmiah makin puyeng hahaha tapi kan namanya juga belajar. Tetap menulis, Keep Blogging, Salam Bloofers.:)

2 comments:

  1. sama donk kk menuangkan masalah lewat tulisan.. hehehe

    tp sy jarang nulis karya ilmiah (kaku sekali) hehehe..

    ReplyDelete
  2. iya kak.. nulis itu meringankan masalah.. walaupun tidak menyelesaikan masalah :)

    sama kak.. mangkanya pengen belajar heheh

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D