Wednesday, 29 February 2012

Apakah Kevin "Princess" Jiplak Lagu AKB48 dan Afterschool Blue?

  
Princess, girlband baru bentukan Kevin Aprilio dibawah manajemennya yang bernama Aprilio Kingdom beranggotakan lima cewek cantik (Danita, Rachel, Ana, Elma dan Hirania) telah meluncurkan single perdananya yang bertitel "Jangan Pergi" pada bulan oktober 2011 lalu. Terhitung lama memang, tapi sayangnya aku baru tau lagunya dengan jelas dua hari yang lalu. 

   Menurut kabar yang beredar, single perdana berjudul Jangan Pergi tersebut dituding menjiplak lagunya AKB48, idol group asal Jepang yang berjudul "Everyday, Kachuusa". Bukan hanya itu, tuduhan lain dan berbagai aksi protes dari para K-popers yang menyatakan bahwa lagu ini mirip banget ama lagunya Afterschool Blue yang berjudul "Wonder Boy" juga masih heboh diperbincangakan dimana-mana.


     Setelah didengerin baik-baik, ternyata menurutku pribadi, lagu Jangan Pergi tersebut memang mirip dengan lagunya Afterschool "Wonder Boy". Persamaan menonjol di intro, cuma beda tempo. Kalo Jangan Pergi temponya nge-beat, Kalo Wonderboy agak slow. Pas dibagian reff-nya itu juga agak sama pelafalan liriknya. pas di bagian ini: "Yang akuu mauu, hanyalah dirimu sajaaa" coba bandingkan dengan bagian reff  "Coming coming come to me..Naman-e sarangi dweo julle" di Wonder Boy. Bener-bener mirip! Denger lagi lagu AKB48 "Everyday, Kachuusha" memang mirip juga, tapi gak sekontras lagu Wonder Boy. Lagu Princess itu kayak perpaduan Afterschool dan AKB48. Wahh kok bisa segitu miripnya yaa? Apakah benar ini plagiarisasi? 

 Eitts tunggu dulu, tunggu dulu.. Sebelum mengecap produknya Kevin Aprilio ini adalah sebuah karya hasil plagiarisasi, seharusnya kita harus tau dulu kenapa bisa sebegitu mirip? Oke langsung saja simak pernyataan-pernyataan Kevin Aprilio, otak dibalik Girlband Princess ini mengenai kemiripan lagunya tersebut. Check it out! 

Mas Kepin, kenapa kok lagunya Princess mirip ama lagunya AKB48? Hayoo nyontek yaa kamu?


Waah berarti sengaja dong ya bikin-bikin kayak gitu biar Princess tenar. Ooh sewarna? #sewarna apaan? (sama warna = dari hasil nyontek warna) Kalo gak nyontek apaan dong, plagiat?




Terinspirasi! okee beda deh antara terinspirasi ama nyontek, ama plagiat, ama sewarna itu beda.(-.-") beda emang susunan hurufnya. Trus kok mirip ama afterschool juga??



Ooow terinspirasi juga ya? ah terinspirasi mulu dari tadi, gak ada alesan laen apa? #gak seru nih orang alesannya sama mulu -.-" Jadi terinspirasinya karena mereka cantik-cantik dan kualitas suara oke, mangkanya Princess juga diambil yang cantik-cantik dan suaranya oke juga?



Oke, semoga Princess suaranya makin oke. Jadi nggak ngandalin fisik doang! Ditunggu lagu selanjutnya, dan juga kita semua berharap lagu dan video musik selanjutnya nggak terinspirasi lagi, apalagi kalo ampe terinspirasi AKB48 dari segi kostum, waah bisa gawat haha. 

Postingan ini bukan bermaksud untuk menyudutkan pihak manapun, postingan ini hanya dimuat semata-mata buat mencari kebenaran apakah Princess jiplak lagu Everyday, Kachuusa AKB48 ataupun lagu Wonderboy Afterschool Blue. And the conclusion is 
#jengg jenggg
“Kevin Aprilio tidak menjiplak, hanya terinspirasi!!!”.

Semoga saja kualitas musik Indonesia bisa semakin maju ke depannya dan diharapkan anak bangsa semakin kreatif dalam menciptakan lagu dan tidak ada lagi "sesuatu" dibalik inspirasi.

Referensi: 
1,2,3.


28 comments:

  1. hooooo masalah plagiat yah hehehe
    ana sebelumnya juga pernah posting about j-rocks dan laruku. . .coba saja di cek postingan ana yang judulnya "Art is Art"

    ReplyDelete
  2. memang banyak banget tuh lagu-lagu Indonesia yang "sewarna" sama lagu luar.. eh, sewarna itu lebih tinggi dikit ya dari plagiat? heheh

    ReplyDelete
  3. @Kaito Kidd iyaa..belakangan banyak muncul masalah plagiat. oke, dicek :D

    ReplyDelete
  4. @tammizious hahaha sewarna itu tingginya 180 cm, kalo plagiat tinnginya 170 cm. :D

    ReplyDelete
  5. pastinya bilang terisnspirasi dan blablabla heu :3 kita khusyuk dgn karya kita saja hehehhehe
    salam kancut :)

    ReplyDelete
  6. @Ca Ya iyaa iyaa alesan itu. okee haha. makasih ya kak udah komen :D

    ReplyDelete
  7. Yah yang namanya penjiplak, pasti pinter nyari alasan untuk mengelak. Kenapa sih nggak bikin yang orisinil punya gitu.

    ReplyDelete
  8. @HP Yitno iya setujuuu inspirasi dijadiin alesan hahah. entah jiplak ato gak jiplak lebih baik bikinan sendiri :D

    ReplyDelete
  9. Ih, setuju banget Mbak. Musisi Indonesia sekarang mah suka gitu, plagiat dibilang inspirasi. Pertama kali liat Princess, aduh senengnya~ Akhirnya ada juga GB Indonesia yang cantik-cantik dengan suara dan tarian yang oke punya. Eh, nggak lama saya nemu di internet kalo lagu Princess plagiat AS Blue yang Wonder Boys. Bener-bener deh... *geleng-geleng kepala*

    ReplyDelete
  10. @Ulfah haha ketipu ya dek.. jadi prihatin sama blantika permusikan Indonesia heheh

    ReplyDelete
  11. Daripada bingungin plagiat atau ga... malah ribut-ribut ga jelas, lebih baik dengerin CB ahh....^_^ (musik diciptakan bukan untuk diributkan, tapi untuk didengarkan.

    ReplyDelete
  12. @Wahyu Tri Kusprasetyo iyaa sih bener juga hehe. musik diciptakan untuk menghibur, tapi berbicara dengan hak cipta, gini deh misalnya kamu punya tulisan, terus tiba-tiba aja temenmu mengakui tulisan yang kamu buat sebagai hasil karyanya sendiri, walopun temenmu itu bilang di terinspirasi olehmu, tapi ternyata tulisanmu itu diedit, ditambah ato dikurangi sehingga lebih bagus dari tulisanmu sendiri. gimana hayo perasaanmu? (heheh kepanjangan)

    ReplyDelete
  13. paling sedikit ya g papa,,,buat belajar mgken to?/

    ReplyDelete
  14. wahahaha,, intinya mah si kepin sama aja jiplak, cuma cari2 alesan doang :D

    ReplyDelete
  15. @bangprenhaha iya juga, paling gak bisa diambil yang positif lah..

    ReplyDelete
  16. wah mulai deh nih, dasar indonesia

    ReplyDelete
  17. bahaya... udah ada JKT48 di Indonesia... Kalau kecium sama AKB48 gimana ya??

    ReplyDelete
  18. @Anonim Wah jangan gitu juga, indonesia kan negara kita juga.. :)

    ReplyDelete
  19. @Marsella Azuela yaa gak gimana-gimana dan gak bahaya juga, soalnya kan JKT48 itu bukan ngejiplak AKB48 tapi sistergroupnya AKB48.. yang membentuk mereka dan menyeleksi mereka itu juga yang memebentuk AKB48 di Jepang. Dan di jepang itu, sistergroupnya AKB48 itu bahkan lebih banyak kok hehe :D

    ReplyDelete
  20. benar2 kecewa sama kevin !!!!!!!!! sumpah ganyangka ,,, gua sih ngefans banget yach sama dia dulu juga pasz ada rumor vierra plagiat gua ga percaya v setelah ngedenger ini nd yg di jiplak GB korea ,, gua bener2 kecewa tingkat dewa :( *alay yach cmment gua :D maklum lagy kecewa bgtbgtbgt

    ReplyDelete
  21. @Chachartika haha.. silakan meluapkan kekecewaan anda. Gak kok gak alay.. makasih ya udah mau baca dan berkomentar :D

    ReplyDelete
  22. Juga mirip dengan Girl's Day - Cupid...

    ReplyDelete
  23. mana ada maling yang mau ngaku ...
    udah jelas2 plagiat msih aja bilang terinspirasi dasar gak kreatif bener2 payah !!!

    ReplyDelete
  24. Princess bikin malu negara kita aja, jangan plagiat donk... Sama aja seperti chibi dan sm*sh ikut2tan plagiat korea ! :P

    ReplyDelete
  25. Maaf Nyela
    Saya disini Bukan Fans Princess Tapi Fans AKB48 Dan JKT48

    Saya Yakin 100% Bahwa Princess Jangan Pergi gak Plagiat lagunya AKB48 Everyday Katyhusaa

    Saya Jarang mendengarkan lagu princess Jangan pergi tapi untuk Lagu Everyday Katyhusaa Malah Keseringan Sampai jadi Lagu sehari hari

    Tapi Untuk princess yang plagiat lagu Afterschool Wonderboy itu gak tau lagi

    ReplyDelete
  26. Barusan Princess perform di ceplas ceplos trans7, single baru mereka judulnya mendua, pas intro sangat familiar, krn mirip bgt sama lagu Bigbang Haru2, tp kelanjutannya emang agak beda sih, tp pas reff jg agak mirip, aku kirain awalnya mau nyanyi lg Korea, taunya nggak..
    Ini udh kesekian kali setelah yg admin bahas diatas, kali ini kalo diprotes kpopers apalagi alasannya ya, terinspirasi jg kah? Atau ngaku plagiat aja sekalian..

    ReplyDelete
  27. Iyaa lagu nya princess yg mendua pas intro mirip sama lgunya aftr school because of u, pas ngerapp juga mirip lgunya rainbow to me, coba dengerin baik baik

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D