Friday, 10 February 2012

Pengalaman

      
      Waktu Indonesia Tengah menunjukkan pukul 11.00, tepat pada hari jumat tanggal 10 Februari 2012. Aku hari ini benar-benar terbebas dari kegiatan akademik. Meskipun sebenernya perkuliahan seharusnya aktif tanggal 6 Februari lalu, tapi aku masih punya kewajiban. Kewajibanku itu ngajar privat seorang bocah SD yang duduk di kelas tingkat tiga Sekolah Dasar atau lebih tepatnya kelas tiga SD. Dan hari ini tidak ada jadwal untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Yeeeayyy asyiiik :D 

     Terkadang aku berpikir, sebelumnya tak pernah terlintas dibenakku untuk ngajar privat. Tapi ternyata sekarang aku malah enjoy ama kegiatan tersebut. Dibilang capek sih nggak, abisnya ngajar cuma sejam. Dibilang seneng juga nggak sih, cuma dibawa nyante aja. Lumayan lah bisa nambah penghasilan sendiri, lumayan juga bisa nambah pengalaman dan yang penting sekarang aku merasa berguna buat orang lain dan menyadari bahwa kemampuanku dibutuhkan oleh orang lain. Merasa sedikit bangga gimana gitu, tapi ya namanya juga masih pemula, belum punya banyak pengalaman mengajar, jadi kemampuan mengajar juga masih bisa dibilang level satu. Justru karena itulah, untuk naik ke level selanjutnya, harus melalui tahapan-tahapan pada level tempat kita sampe habis kan, hingga kita akan naik level satu demi persatu sampe puncak level, hit the boss dan akhirnya jadi winner (ah jauh kali ngomongnya) dan semua tahapan itu yang disebut pengalaman! 

      Pengalaman akan mengajarkan kita bagaimana menghadapi permasalahan yang sama yang pernah kita hadapi di permasalahan sebelumnya. Dari pengalaman juga berfungsi sebagai alat evaluasi dan tolak ukur menuju target berikutnya. Bukankah permasalahan yang biasa kita hadapi itu merpakan sebuah siklus yang akan kita perbaiki demi pencapaian target yang lebih baik dari sebelumnya? Dan jika kita menemukan pengalaman yang baru kita pun dapat belajar bagaimana bila waktu yang akan datang menghadapi permasalahan yang sama seperti pengalaman yang baru saja kita peroleh tersebut. Mengajar privat anak SD itu merupakan bagian dari pengalamanku. Sesuai dengan jurusanku di perguruan tinggi yakni Pendidikan MIPA, aku berharap pengalaman yang aku dapat di level satu ini bisa berguna di level Praktek Provesi Lapangan ntar. Meskipun sebenernya belum mudeng. Demi mewujudkan cita-citaku untuk menjadi dosen, semua dimulai dari bawah. Ahaaha kali ini postingannya terkesan lebai sekali. Tapi biarlah semoga bermanfaaat.

2 comments:

  1. pengalaman itu guru yang terbaik :)
    wah keren, jadi guru private. pengen juga, tp blm ada kesempatannya. semangaaat terus ya :)

    ReplyDelete
  2. Betul kak Irma..
    Iyaa kakak makasih yaaa :)

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D