Monday, 26 March 2012

It's Magic, Keajaiban, Nggak Nyangka! Yaa Tapi Itu Kenyataannya.

Assalamualaikum

     Keajaiban datang!! Keajaiban datanggg, entah kenapa apa sebabnya, gak tau gimana, sampe akhirnya memaksakan diri buat menanggapinya secara biasa-biasa aja. Yeahh gini ceritanya, hari senin tanggal 20 Maret 2012. Aku ditawari temenku buat ikutan Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) tingkat universitas yang bakalan diadakan besoknya hari selasa, 21 Maret 2012. Bagi yang belum tau ON MIPA itu apa, ON MIPA adalah ajang kompetisi Mahasiswa di bidang Sains (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) yang diadakan oleh DIKTI. ON MIPA terdiri atas tiga tahapan seleksi: Tahap I (Tingkat Universitas), Tahap II (pra-Nasional), dan Tahap III (Nasional).


       Pada saat itu aku mengemban amanah untuk ngehandle praktikum SMA oleh ketua divisi Olimpiade yang diadakan HIMA kampus pas hari selasanya. Bingung bin pusing harus ngikut olim dadakan ato gak meninggalkan kewajiban, sempat mikir selama 10 menit. Iya, sepuluh menit itu udah harus ngasih kepastian mau ikut ato nggak, soalnya pengumpulan nama peserta ON MIPAnya mau ditutup sekitar sepuluh menitan itu juga. Karena.. karenaa kepengen banget ikutan itu Olimpiade, aku nyoba minta ijin ama ketua divisi olim karena gak bisa ngikut ngawas olimpiade babak praktikum besoknya. Alhamdulillah diijinin, karena sebenernya aku ini panitia divisi olim yang illegal. Jadi gini, aku itu sebenernya terdaftar sebagai anggota divisi Pubdekdok atau Publikasi, Dekorasi dan Dokumentasi. Tapi karena aku ini orangnya baik hati *plaak jadi aku ikut berkontribusi di divisi olimpiadenya. 

      Malam harinya aku belajar nih, belajar yang gak berat-berat yaa sambil baca lalu sepintas gak tau ada yang masuk di otak ato nggak, pikirku sih yaa sapatau aja bisa lulus tahap satu, gak lulus juga gak apa-apa. Sambil dengerin musik, sambil online juga bener-bener gak mencerminkan anak olim yang mau lomba keesokan harinya. Yaa paling gak ikut memeriahkan lomba itulah juga mewakili prodi, soalnya gak ada yang mau lantaran pada sibuk ngurusin acara cerdas cermat dan olimpiade *sebut OSAGI (SMP dan SMA seKal-Tim) gawean anak-anak kampus. Besoknya, aku bangun tidur pas jam 7 lewat 41 menit, sedangkan peserta ON MIPA dari prodiku itu udah harus ngumpul di depan kantor prodi jam 8 pas. Oh My God!! Gimana ini aku, kok malah bangun kesiangan (bukannya udah sering ya) kalo di rumah ini bakal dimarahin Ibu karena gak bisa solat subuh soalnya kesiangan, Ya Allah ampunilah hambaMu ini T___T. 

      Gak tau gimana saking grasah grusuhnya aku sampe gak sempet pake baju batik (panitia OSAGI n Cerdas Cermat hari itu dresscodenya baju batik, jadi habis ikut lomba kan bisa gabung di kepanitiaan) dan sudah muncul di depan Prodi dengan unyu-unyu tapi kurang rapi. Tetep dengan wajah yang gak meyakinkan tapi percaya diri yang luar biasa seolah gak akan terjadi apa-apa.Gak satupun orang kujumpai disana kecuali embak-embak yang keluar masuk kantor prodi. Karena kebingungan aku nyari-nyari temenku yang juga peserta ON MIPA. Setelah mondar-mandir kesana kemari akhirnya ketemu juga sama temenku itu, eitss sayangnya temen yang satu lagi masih ada di acara OSAGI. Jadi dia jemput dulu temen yang satunya sebut dia Kak Fetri. Tinggallah aku dan embak-embak yang jagain kantor prodi. Embaknya itu baik banget, eh ternyata prodi ngasih konsumsi buat kami haha lumayan lah buat sarapan pagi. Setelah semua lengkap, aku, Parno (temenku) dan Kak Fetri (kakak tingkat) serta embak yang jagain prodi berangkat menuju tempat diselenggarakannya lomba. Nyampe disana suasananya bikin ciut soalnya kayaknya sih cuma kami aja peserta yang berangkat tanpa ada persiapan. 

     Sesuai basicku program studi yang kuambil di kampus, bidang studi yang kuambil adalah Biologi. Ngeliat peserta-peserta lain dari fakultas yang berbeda ada rasa agak gimana gitu deh, tapi yaa optimis aja, siapa tau dengan modal dengkul belajar seadanya bisa lulus tahap 1 ini. #ngarep datangnya keajaiban. Sekitar lima menit setelah dibagikan soal, kubolak-balik soalnya nyari-nyari jawaban yang bisa langsung diisi. Bukan mudah soalnya banyak gak taunya XD. Yang bisa dikerjakan ya dikerjakan, yang susah ditinggal dulu, yang susah banget gak tau sama sekali gak diisi. Hampir mepet batas pengumpulan soal, fix selesai lembar jawaban dengan beberapa nomor jawaban soal yang gak diisi. Kalo yang diisi itu antara tau dan gak tau tapi banyak gak taunya, cuma ingat dikit-dikit soal-soal yang dulu pernah dipelajari. Waktu berlalu, hari berganti hari kulewati dengan biasa aja. Ngarep-ngarep menang itu kayaknya enggak deh, ngerasa lagi gak nungguin apa-apa. Tapi yaa kadang mikir kira-kira lolos gak ya? Lama-lama jadi penasaran dan gak sabar buat cepet-cepet ketemu hari senen. 

     Akhirnya hari ini tiba juga, senin 26 Maret 2012, dilanda kemalasanku yang sedang asyik nonton serial drama korea The Moon that Embraces the Sun datang sms dari Parno (temanku tadi yang juga ketua tingkat di kelas) katanya perkuliahan dibatalkan dan inpo untuk perkuliahan kedua menyusul. Yeaaah gak kuliah hari ini yuhuu lanjut nontonnya.. Gak lama sms datang lagi, kali ini dari nomor yang tidak dikenal, bunyinya, peserta ON MIPA disuruh ngeliat hasil seleksi di Rektorat dan bagi yang lulus langsung registrasi ulang. Karena saking malasnya yang kadarnya lebih besar dari pada rasa keingintahuan lulus atau tidaknya aku, aku minta tolong ama Parno buat ngeliatin ada gak namaku di pengumuman itu. Dan ... dan... dia bilang aku dan Kak Fetri Lulus! Hah jaruuk? #kayak afika lagi nelen jeruk (maafin kakak afika memakai namamu, abis kamu imut sih (?) *abaikan), saking kaget setengah gak percaya. Eh, jam 11 lewat 47 Menit dateng lagi sms kalo kuliah jam 12. Aku yang masih bersantai-santai ria langsung terkaget-kaget ngebacanya. Itu berarti ada waktu sekitar 13 menit buat siap-siap + nyampe kampus tepat waktu. Terus kalo aku kuliah, kapan dong bisa registrasi ulangnya, eh tunggu dulu.. jangan-jangan aku dibo'ongin lagi ama Parno. Oke, baiklah tenang.. lebih baik sekarang bergegas menuju kampus dengan selamat tanpa dompet ato kotak pensil ketinggalan terus abis itu baru ke Rektorat. Setengah jam kemudian, ternyata Ibu dosennya masuk cuma lima menit, sisanya yang 25 menit dipake buat nungguin ibunya datang. 

   Perkuliahan sudah selesai dan aku ditemani temanku April pergi menuju Rektorat untuk melihat pengumuman. Dannnnn yaa itu bener namaku, kali ini penulisannya bener dan aku seneng sekali. Kali ini sudah percaya dan gak kaget lagi. Yaa begitulah ceritanya, jadi pengen nyanyiin lagunya Pilot yang judulnya Its Magic, "Oh ho ho it's magic, You know.. never believe its not so.." huahaha. Apapun itu mau magic ato bukan magic semua terjadi atas kehendak Allah. Alhamdulillah bisa lulus di tahap ini. Kali kesempatan ini, aku gak mau buang gitu aja. Kalo waktu itu dadakan dan alhamdulillah bisa lolos, kali ini aku bakal berusaha dan gak nyia-nyiakan kesempatan yang udah diberikan. Doakan yaa temen-temen semuanya :D, aku akan berusaha.. "

25 comments:

  1. Wah Congrulation yah Youko, hebat euy...

    Lebih semnagat lagi untuk tahap berikutnya..

    iyah jangan pernah menyianyikan kesempatan didepan mata, karena siapa tau itu merupakan kesempatan mu yang terakhir.. Jia Yoo..

    ReplyDelete
  2. beuh. . . lagunya pilot keren banget. . .
    tapi sayang, temen-temenku pada nggak tau lagunya meski lagunya sekarang dijadiin OST iklan sepeda motor di TV. . .
    bener-bener magic lah kisah lo. . .

    ReplyDelete
  3. masyaAllah...
    youko, you are something!

    ReplyDelete
  4. congrats yah.. tetep semangat buat tahap berikutnya. pasti bisa.. semangat,semangat :)

    ReplyDelete
  5. semoga sukses ya....!!!! jgn sia2 kesempatan.

    ReplyDelete
  6. @Uzay ^,^ iyaa makasih bang Uzay... jia yooo :D

    ReplyDelete
  7. @Cerita Ocha haha kasian temen2 kamu, gak prnah nonton tipi ya hhe .. iya magic dah :D

    ReplyDelete
  8. @Aiinizza Wynata amiin amiin.. terima aksih semangatnya ainizza :)

    ReplyDelete
  9. sukses slalu buat mba'e .... :D

    ReplyDelete
  10. wawaw ..
    sukses ye Youko..
    komen perdana salam kenal
    :)

    ReplyDelete
  11. @HIMAPBIO FKIP UNMUL terima kasih :) tapi sayangnya aku gak jadi ikut tahap 2 :(

    ReplyDelete
  12. Semangkaaaaaaaaa...*semangat kakaaakkk :D
    sukses buat yg kedua y..

    ReplyDelete
  13. @Ririz Rachma iya Ririz makasih yaa.. tapi sayangnya gak jadi hehe. baca postingan selanjutnya deh :)

    ReplyDelete
  14. Waaa, selamat yaa :D
    sukses deh, bidang apa ini?

    ReplyDelete
  15. liha hasil seleksi tingkat regional dimana ya? ada yang tau?

    ReplyDelete
  16. aku lolos, km gmn?

    ReplyDelete
  17. @Itachi wah selamat yaaa :) aku gak jadi ikut yang tingkat regional.. baca ini deh http://nurraniima.blogspot.com/2012/04/alhamdulillah-dapet-pengalaman-dan.html

    ReplyDelete
  18. @Nabila Ika Ramadhani bila makasih yaa.. tapi aku gak ikut tahap selanjutnya, baca postinganku berikutnya deh :)

    ReplyDelete
  19. @EYSurbakti amiin.. makasih ya.. salam kenal juga :D

    ReplyDelete
  20. wah amazzing-amazzing....
    keren niih,,,

    oiya follow juga yah,,
    rieztoshare.blogspot.com

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D