Friday, 18 May 2012

Ayo Mulai Ngeblog yang Keren, Sukseskan Indonesia Go Blog!



Holaaa dunia 

      "Go-Blok, itu gak Keren! Go Blog, itu baru Keren!!"

      Sekedar info (nyambung gak nyambung, nyambungkan aja! #penting) bulan ini, blog ini sudah genap berusia  tiga tahun. uwowww fantastis sekali sodara-sodari sekalian. emm sebenernya sih lebih tepatnya bukan blognya yang 3 tahun, tapi akun bloggernya yang udah dibuat semenjak tiga tahun yang lalu. huahaha. Kalo blog ini sendiri sih baru ada sekitar dua tahun. -.-" Awal mulanya, dulu sekitar tahun 2009.. ketika hari minggu  dan aku lagi ngenet di warnet sebelah asrama. Kejadian itu sudah lama sekali, waktu itu aku masih suka donlot permainan dan korea-koreaan di warnet itu (jaman itu yang namanya internet penggunaannya masih terbatas). Yaa jaman dimana facebook lagi pertama kali booming dan menggeser yang namanya friendster. Awalnya sih aku yang pada waktu itu lagi donlot permainan sekalian donlot video SHINee dan Taylor Swift sedang nyasar di blog orang entah apa alamatnya aku lupa. Yang jelas isi blog itu memang gak menarik dan keliatan banget kalo baru dibuat. Dan aku menemukan sebuah bar memanjang pada sisi atas blog itu, nah di situ ditemukan menu "buat blog" (navbar). Untuk mengatasi rasa penasaranku, aku langsung klik buat blog itu. dan yaaah tahapan yang sama kayak kita bikin email, yap.. registrasi! Mulanya aku yang masih gaptek agak kebingungan dengan keharusan membuat akun blogger itu dengan menggunakan akun google, terlebih harus memverifikasi kode lewat ponsel. Dan..setelah melewati tahap-tahap itu, akun bloggerku resmi dibuat!!! yeyyy


     Setelah itu aku membuat blog dengan alamat http://uzumaki.naruni.blogspot.com. Jangan berpikir kalo ini bakal jadi blog anime ato yang bakal membahas tentang Naruto dan sebangasanya, bukaaan, bukann karena itu username facebookku dulu huaaaa *gedubrak. Dengan judul blog "Happy Corner" isinya cuma beberapa posting dan postingan tentang SMAku, dan dalam blog itu gak ada sama sekali nyinggung judulnya, bener-bener abstrak. Sayangnya sekarang blog ini udah kuhapus hahaaa. Bulan berganti bulan, taun berganti taun dan aku akhirnya lulus SMA *bukanitufokusnya. Karena aku gak tau mesti berbuat apa sama blogku itu.. terlebih aku ngerasa gak bisa mengembangkan blog itu dan aku rasa blog itu bener-bener gak potensial banget, jadi aku bengkalaikan blog itu. Sampe pada akhirnya pada tahun 2010, aku ngeliat blognya temanku. Isinya bagus, artikelnya menarik, terlebih pageviewsnya udah nyampe belasan ribu. Aku mulai mikir, kalo dia aja bisa ngurus blog, kenapa aku gak bisa?? Dari situlah aku membuka akun bloggerku yang udah usang, mulai utak-atik dari template sampe pasang-pasang widget. Mulai nulis dari catetan yang gak jelas sampe yang gak penting (?). 


     Terus aku bikin blog baru lagi (masih di akun yang sama), di situ isinya curhatan semua, namanya Bites of My Life. Dan sayangnya yang ngeliat bisa diitung cuma sebatas ratusan dan akhirnya aku bikin blog baru lagi yang arahnya lebih jelas mau ditulisin apa. Blog baru itu kemudian aku kasih nama "Wonderful Inside" (info lebih lanjut klik disini). Selanjutnya setelah mengenal blog lebih jauh, ternyata menyenangkan sekali..aku pun masih gak puas, aku bikin blog baru di wordpress dan di blog.com dan akhirnya blog-blog itu malah gak keurus -__-". Jadi aku beralih lagi ke blogger (blogspot). Sayang, popularitas dan keberadaan blog-blog ini waktu itu memang bener-bener menyedihkan. Akhirnya aku memutuskan daripada ngurus tiga blog sekaligus, lebih baik konsisten ngurus satu aja tapi serius *tsaaaah. Kemudian dengan berat hati "Happy Corner dan "Bites of My Life" aku hapus. Dan tersisalah blogku yang unyu-unyu ini huahaha.



  
Yah begitulah sejarahnya riwayat perblogginganku. Aku harap di tahun ketiga kedua blog ini, blog ini bakal mencoba dan akan menjadi lebih baik lagi. (amiin.) Selama aku ngeblog, ternyata aku mendapat banyak pengalaman luar biasa dari sesama temen-temen blogger yang walopun gak pernah bertatap muka dan yaaa itu semua hanya lewat membaca tulisan-tulisan mereka yang kereeeen. Yaah termasuk kalian yang sedang membaca postingan ini. Jujur, aku bangga bisa kenal kalian semua, dari tulisan-tulisan kalian dan dari blog kalian aku bisa banyak belajar, menambah wawasan, bisa bertukar pikiran, pendapat dan punya pengalaman ngeblog yang mengesankan *tsaaah. Oleh karena itu, aku mau ngucapin terima kasih buat kalian semua. hoho.  


    Kemudian, buat pembaca setia blog ini.. temen-temenku yang mau meluangkan waktunya hanya untuk sekadar membaca postingan-postingan di sini. Aku juga mau ngucapin terima kasih sebanyak-banyaknya. Jangan ragu buat meluangkan waktu dan sering-sering membaca disini yaa ^^.

 Okeh, sambutan selesai.. kita lanjut pada tujuan dari postingan ini. Setelah kalian membaca sejarah berdirinya blog ini, aku pengen ngajakin temen-temen yang belum punya blog untuk sesegera mungkin membuat blog. Masak sih hari gini pelajar gak punya blog? hoho bukan mau mengejek kawan, dari pada kita bergalau ria dan berkutat dengan permasalahan yang kita hadapi setiap harinya.. mengapa tidak kita tuangkan dalam bentuk tulisan dan mempostingnya di blog. yeaaaah pasti kedengarannya keren kan?? Iyap pastinya keren dan memberikan banyak manfaat baik bagi diri kita sendiri maupun buat orang lain. Sapa tau aja ni yaa tulisan-tulisan kita bisa memberikan berbagai ekspresi dari pembaca. Gak masalah itu mau catatan absurd maupun catetan gak penting sama sekali, yaaa siapa tau kan yaa ada aja yang suka baca tulisan kita. Tapi janganlah isinya curhatan mulu, orang juga bakal males mantengin blog lama-lama kalo isinya cuma masalah pribadi kita aja. Terlebih bagus lagi kalo isi blog kita itu bermanfaat buat orang banyak, misalnya yaa kayak blog aku ini! Huahaha *dusta (ini sih random). Maksudnya kalo temanya jelas, misalnya kamu suka  nggambar, maka blog yang bagus untuk kamu buat adalah blog yang isinya ngebahas tentang tutorial cara dan teknik menggambar, mewarnai dsb. Terus misalnya aja kalo kamu itu ada bakat nggombal membuat puisi, maka blog kamu itu pas banget buat jadi galeri puisi-puisimu yang keren. Ato kamu suka nonton film, maka blog yang dibuat bagusnya isinya tentang review film, sinopsis film, jadwal penayangan film dsb. Suka dandan, isinya ya tentang dunia per-make-up-an. Suka gosip, bagusnya isinya ya gosip aja (?) Gak punya bakat/kemampuan ? sudah lupakan saja tentang bagaimana cara membuat blog huwooo.. percayalah kawan, tak ada satupun manusia yang terlahir tanpa memiliki kemampuan. Ato terserah lah bagaimana caramu mengelola dan mengembangkan blogmu dengan tema blog yang sesuai atau dengan seleramu sendiri. Kamu pasti bisa, yeahhh pasti Bisaaa! Buktinya aja aku bisa. hehe *banggalimasenti.

     Nah, setelah nanti kamu berhasil membuat blog, maka kamu bisa dikatakan sebagai seorang blogger (ingat, baru sebatas blogger.. jangan berbangga dulu) Karena kamu sudah punya blog, maka biar bisa dikatakan seorang blogger yang keren, maka kamu harus berjuang untuk mempertahankan eksistensi blog kamu itu. Langkah awal yang dilakukan adalah terus menulis dan menulis. Tulis apa saja yang kamu pikirkan dan jangan terus memikirkan apa yang akan kamu tuliskan. Aku yakin lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan bakal jadi blogger yang hebat dan tentu saja keren. Tapi ingat kesabaran dan niat belajar dengan sungguh-sungguh sangat diperlukan dalam mengurus dan mengelola blog. Jika pujian datang, jangan langsung puas dan berhenti sampe disitu aja. Terus tingkatkan kualitas konten blog kita. Kemudian kritik yang datang harus selalu kita cintai, tapi spam yang datang langsung dihapus aja ya muehehe. 

    Bagaimana, kawan-kawanku sekalian.. tertarik membuat blog?? Hmm harus dong!! Kebanyakan temen-temen bilang sih, bikin blog itu susah.. Iya.. susah deh kalo belum dicoba. Gak ada salahnya kan coba-coba bikin akun blogger dulu, kemudian dilanjut bikin blognya. Ohya bisa juga sih kalo mau bikin blog dari provider lain misal aja wordpress, multiply, tumblr, blog.com dll. Sesuaikan dengan kesukaan dan kebutuhan kalian aja. Masih bingung bagaimana cara membuat blog? Tuliskan saja di google! Kemudian masalah yang sering dihadapi adalah koneksi internet dan masih mahalnya biaya akses yang harus dikeluarkan untuk membuat + mengurus blog. Ini bukan masalah bagi temen-temen yang punya, bagi yang susah.. ini gak perlu dibikin susah men! Kita bisa kan menyisihkan uang jajan untuk menabung beli modem ato mungkin aja kita bisa memanfaatkan wi-fi di kampus/perpustakaan ato lembaga-lembaga yang berbaik hati mau berbagi sinyal wi-fi tersebut. Kemudian waktu. Ngeblog itu bukan sebuah keharusan! Kita bisa mengurusinya kapan aja kita mau, kalo lagi gak mood juga gak masalah. Itu tergantung bagaimana kita mengatur waktu kita saja. 


    Intinya sih aku cuma mau mengajak temen-temen semua untuk mulai membuat blog. Gak ada unsur paksaan disini. Dan gak ada juga mau sok-sokan dan mau menggurui. Yaa memang sih persuasif banget, tapi beneran loh.. jadi blogger itu keren dan gak rugi! Yang disebut keren disini adalah sosok kita yang tercitra melalui blog kita SENDIRI. Aku yakin, nanti lewat tulisan-tulisan kawan-kawan sekalian, akan muncul perubahan-perubahan besar di Indonesia! bersama-sama kita memberikan kontribusi bagi Negara Indonesia tercinta ini, menggali potensi diri dan mengembangkan wawasan serta memberikan banyak manfaat bagi banyak orang. Nah, begitu mulianya jadi blogger yang seperti ini! "Blogger keren yang akan mengubah Indonesia". Ayoo sukseskan Indonesia Go Blog!! *jangan ambigu bacanya ya hehe. 

Sekian, terima kasih. semoga bermanfaat. Wassalam 

 #first blogger campaign (Blogger's shout out) project.

72 comments:

  1. Salam Solid dari Blogger's Shout Out!

    ReplyDelete
  2. yay! Pagi kereen..
    ini salah satu contoh pribadi yang Go Blog :D

    ReplyDelete
  3. @Anis Nisa Yayy amiin.. komentarmu keren :D salam solidd :)

    ReplyDelete
  4. Masya allah udah tiga tahun ngeblog youko?? udah banyak pengalaman yang di dapet dong yah??

    semoga blog ini selalu jadi inspirasi untuk para pengunjungnya dan bagian dari perubahan indonesia ke lebih baik...

    ReplyDelete
  5. perjalanannya cukup panjang juga niihh ...
    heheee,,
    Hidup nge-blogg !!!
    Salam Soliid !! :D

    ReplyDelete
  6. semangat ngeblog ya :)
    mudah-mudahan blog yg umurnya 3 tahun ini ga kandas di tengah jalan
    salam solid

    ReplyDelete
  7. 3 tahun bukan waktu yg singkat ya youko berkipra didunia blog... luar biasa..
    salam solid youko.. :)

    ReplyDelete
  8. Mantap. Semoga pembaca yg baca tulisan ini langsung terinspirasi yah! Salam solid.

    ReplyDelete
  9. Blog ane masih berumur satu tahun lebih, jadi manggil kakak kah ke blog kamu ??
    #eh

    ReplyDelete
  10. wahh, udah lebih lama dunia perblogan ya youko :)
    semanga tetap semangat dalam berbagi cerita dan ilmu dengan blog :D

    ReplyDelete
  11. Ikut berbagi kesolidan, salam Solid! :)

    ReplyDelete
  12. haha..ita tu keren tu youko

    ReplyDelete
  13. Wih 3 tahun? O_O
    Gue kalo ditambah sama blog yang dulu mungkin sama udah 3 tahun juga... :D
    Yok ah, keep semangat ngeblognya! :D

    ReplyDelete
  14. saengil cukha hamnida ^^ wah udah tiga tahun ya, lama juga....
    ceritanya seru...
    pokokeee hwaiting youko

    ReplyDelete
  15. Saya sendiri punya 4 blog. Hehehe

    ReplyDelete
  16. Wah, mantan otaku-kah? Apa masih jadi otaku? ;D *tingting

    ReplyDelete
  17. beuh,,,sambutannya ajiib haha :D
    itu pic-nya keren dah hihihihi :3

    yuk ah semangat ngeblog!!

    ReplyDelete
  18. keren, pesan tersampaikan GO Blognya

    ReplyDelete
  19. @Uzay ^,^ bukaan.. baru dua tahun bang.. vakum setaun karena gak tau cara ngeblog.

    amiin amiin..makasih bang ^^

    ReplyDelete
  20. @u n n i hehe.. semangaaat ^^ salam solidd :)

    ReplyDelete
  21. @8ball iyaa semangaat, blog ini baru 2 taun kok. amiin. salam solid

    ReplyDelete
  22. semoga dengan apa yang kita lakukan bersama, semakin banyak anak muda Indonesia yang mau ngeblog dan mensharing-kan berbagai hal positif melalui media blog :)

    ReplyDelete
  23. @Bintang Dandelion - Widie gak kok kak.. baru dua taun...

    semangaaaat..:D

    ReplyDelete
  24. @Glen Tripollo lebih tepatnya baru dua tahun kok hehe :D semangaaaat... ayo soliddd :)

    ReplyDelete
  25. @any
    khamsahamnidaa any... baru dua kok haha. hwaitinggg :D

    ReplyDelete
  26. @Wiwi Arianti hoho.. gak kok . cuma suka aja dulu huaa... :D

    ReplyDelete
  27. @Ca Ya haha ajiib :D

    ayook semangaaat :)

    ReplyDelete
  28. kalo di sejajarin sm anak2, 3 tahun itu udah bisa jalan yaaak??
    *salahfokusmulu ckckck :D

    ReplyDelete
  29. asiiik ima punya blog....

    ReplyDelete
  30. @Youko Tapi pusing juga sis ngurusnya. Hehehe

    ReplyDelete
  31. Haha.. Pembukaan yang keren menurutku.
    Ya, di luar sana masih banyak tulisan yang asal-asalan. Juga masih ada tulisan hasil copy paste saja. Mari, jadi diri sendiri. Bangga dengan tulisan sendiri. Mari bersedekah ilmu.

    Mending dibenci gara-gara tulisan sendiri, daripada disuka karena gara-gara menjadi orang lain. :)

    ReplyDelete
  32. Kalo bikin blog sih gampang...ngurusnya itu loh...pusing
    #yah curcol tuh...
    pokoknya go blogger indonesia

    ReplyDelete
  33. Satu kata aja deh,
    KEREN (two thumbs)
    Go Blog :)

    Salam kenal, kunjungan perdana nih :)

    ReplyDelete
  34. @Bayuhaha.. tetep semangaaat :)

    ReplyDelete
  35. @Via ayooo viaa bikin blog juga :)

    ReplyDelete
  36. @Arya Poetra iyap betul sekali tu kak Arya, semoga dengan adanya gerakan ini, banyak pemuda-pemudi yang mulai ngeblog dan ngeblog gak asal aja, tapi yang bermanfaat dan memberikan nilai positif bagi orang banyak :)

    yap, jadi diri sendiri lebih baik :D

    ReplyDelete
  37. @Saktiyono Dwi Cahyo hahah iya iya bener tuh... :D semangat go bloggg :)

    ReplyDelete
  38. @Sri Efriyanti Harahap Terima kasih kunjungannnya...

    salam kenal juga :D

    ReplyDelete
  39. Wow, lumayan lama ya ngeblognya :o karena go blog itu keren (y)

    ReplyDelete
  40. Mari Go-Blog. :')

    wow sambutannya mantap kali panjangnya kakak :P.

    ReplyDelete
  41. MasyaAllah.. aku suka ngelihat postingan youko, ada grafik pencapaiannya :D jadi bisa ketahuan kapan aktif ngeblog kapan bener-bener ada urusan penting ^^ nice!

    ReplyDelete
  42. @Pipit Sunny hehe :D yayyy ayo kita go blog ^^

    ReplyDelete
  43. @Laini Laitu hehe iyaa.. makasih ya kunjungannya.. ayo go blog :)

    ReplyDelete
  44. waaaaah...., jadi tertular semangat ngeblog neh..... makasih banyak ya....

    ReplyDelete
  45. @Mahabbah iyaa iyaa teterp semangat yaaa :)

    ReplyDelete
  46. dulu juga gini nih, pengalaman yang sama. Tapi belum se sukses kaka ngeblognya hehe

    ReplyDelete
  47. heheheheheheh..... ok cantiq

    ReplyDelete
  48. salam ya... mampir donk..
    fajar196.blogspot.com

    ReplyDelete
  49. wow .. penjelasan yang sangat spesifik .. yang seperti inilah yang bikin tambah semangat buat ngeblog :D ..

    ReplyDelete
  50. Wow...Mantap Sob
    Marhaban ya ramadhan
    salam kenal
    dari bloger pemula :D

    ReplyDelete
  51. hahaha , Salam solid apaan ya ??
    gua kagak tau .

    Salam Kenal :DD
    dan Selamat Puasa bagi orang yang menjalankan :)
    Bagi yang tidak salam kenal aja

    ReplyDelete
  52. Web Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
    Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
    Komisi 100% Untuk Anda ,sangat mudah dijalankan,dan komisi 100% buat anda
    dan satu lagi,blog anda akan bertambah fungsi sebagai mesin penghasil uang anda.

    www.bisnisfacebooker.com/?id=xtshop30

    atau email saya di: xtshop30@gmail.com

    ReplyDelete
  53. Terus berkarya lewat blog.
    http://key-book.blogspot.com

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D