Saturday, 2 June 2012

Talkshow 24 Cara Mendongkrak IPK


Holaaa Dunia... 

        Lama sekali sudah gak ke blog unyu ini. Sampe-sampe banyak sarang laba-laba bergelayutan, daun-daun kering berserakan, tulang-tulang bergelimpangan, kelelawar-kelelawar berhamburan.. lalat-lalat seperti anai-anai yang beterbangan *?. Alasan sama dan masih seperti yang dulu, kali ini urusan kuliahnya adalah "Repot" alias Laporan.. (*koreksi=report). Selain itu kesibukanku itu yaa CUMA nonton drama korea sama ngeliatin hujan sampe-sampe gak ada waktu buat ngurus blog #plaaak. Jadi maap ya temen-temen kalo aku jarang blogwalking lagi ke tempat kalian. 

       Aku mau banyak banget cerita, tapiii engg kali ini satu cerita aja dulu. Kisahnya begini, pada hari kamis 31 Mei 2012 aku mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh UKM Pramuka Universitas mulawarman. Acaranya itu berupa talkshow dengan penulis buku "24 Cara Mendongkrak IPK" yakni dengan Bapak Agus M Irkham. Acaranya ini seru banget lo, sayangnya yang datang gak nyampe empat puluhan orang. Mungkin karena waktu acara itu berbenturan dengan jadwal perkuliahan mahasiswa. Untungnya sih, pada hari itu aku gak ada kelas jadi bisa mengikuti acara ini. 

       Menurut Bapak Agus, ipeka itu ada dua jenis, yakni Indeks Prestasi Komulatif (bisa disingkat ipk) dan Indeks Peradaban Komulatif (IPK). Hmmm peradaban? Maksudnya yang kayak gimana sih? pasti temen-temen pada bertanya-tanya. Begini lo.. yang aku tangkap moga bener dan gak salah. Yang dimaksud Indeks peradaban komulatif itu adalah nilai yang dimiliki mahasiswa apabila ia memiliki kemampuan berbicara, bersosialisasi, berkontribusi dengan baik secara signifikan dan substansial. Yang ketika lulus nanti ia tidak hanya mengandalkan kemampuan akademis tapi bahkan dia bisa mempekerjakan dirinya sendiri walau mungkin dalam bidang akademis memiliki indeks prestasi yang rendah. Nah, sedangkan mahasiswa itu sendiri dibagi menjadi empat kuadran.




Nah... Temen-temen yang kuliah, kalian ada di kuadran mana hayoo? Idealnya ada di kuadran 1, dimana antara ipk dengan IPK seimbang. Nah kalo yang kuadran 2 itu bidang akademiknya tinggi tapi sosialnya rendah *ckckkalungiember. Bisa disingkat kupu-kupu jadi habis kuliah langsung pulang, gitu aja kerjaan setiap hari (aku dong?). Tapi aku bukan kupu-kupu, aku adalah kunang-kunang "Kuliah nangkring-kuliah nangkring" #gedubrak. Terus yang kuadran 3 ini yang parah. sst gak boleh ngomongin orang. you know lah ini yang gak pernah ikut demo plus sering absen. Dan yang terakhir ini yang organisasinya tinggi tapi akademisnya rendah, bisa dikatakan sebagai aktivis kampus. Terus gimana dong biar bisa jadi mahasiswa yang ideal? Nah.. buku 24 Cara Mendongkrak IPK ini adalah buku bacaan yang tepat. 

      Kembali ke talkshownya yaa... pembicaraan seru deh, apalagi ini asli denger dari penulisnya langsung. Dijabarkan bagaimana mengaplikasikan jurus jitu di perkuliahan dan wahh gak nyesel deh dateng ke acara ini. Ditambah lagi bapaknya sering-sering ngasih lawakan jadi gak bikin bosen.  di 3/4 acara dibuka sesi tanya jawab dan aku dapat kesempatan untuk bertanya. Jawabanku terjawab dan yaaa pada akhir acara aku dapet buku hahaha..Walaupun bukan merupakan pertanyaan terbaik dan gak bisa meraih buku yang kuincar lupa judulnya sih pokoknya isi bukunya itu bagaimna cara membuat artikel populer yang baik *kalo gak salah. Tapi syukur banget dapet ilmu yang bermanfaat plus dapet buku sastra yang judulnya "Wasripin dan Satinah" Semoga aku dapet buku itu biar aku suka baca buku sastra -_-" .


Alhamdulillah gak rugi dan gak nyesel menyempatkan diri di acara itu. Bagi temen-temen yang pengen tau gimana cara mendongkrak IPK bisa nyari bukunya di toko buku terdekat. Kali ini postingannya cukup singkat, jadi cukup sampe disini semoga bermanfaat. :))

12 comments:

  1. wah sayangnya masih berjuang untuk jadi mahasiswa ne..jadi lumayan dapet ilmu dluan ..

    ReplyDelete
  2. semangat buat studynya ya youko :)
    aku tahu kamu bukan mahasiswa kupu-kupu jadi pasti nextnya kan berjalan dgn baik sampai wisuda.. amin :)

    ReplyDelete
  3. @Gopar-gt wahaa tetep semangat broo :D

    ReplyDelete
  4. waahh....
    aku masih mau jadi mahasiswa mbk.. :D

    ReplyDelete
  5. kalo aq masuk yg mana ya youko, gak kupu-kupu bgt juga soalnya, masih sering keliaran di mall sm acara nikahan buat makan gratisan *ups

    ReplyDelete
  6. huahaha.. kak ria itu namanya KUMAL = Kuliah-Mall ...Terus kalo sering ke acara undangan berarti kundang-kundang kuliah undangan- kuliah undangan haha

    ReplyDelete
  7. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  8. mampir juga gan
    ==============================
    http://ngrayudan.blogspot.com
    -download
    -software
    -pes 2012
    -movie
    -business (beenero.com)

    ReplyDelete
  9. @outbound di malang betul sekali .. kata-kata yang bijak :)

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D