Selasa, 18 September 2012

Situs Porno "Yadong"

Heyaaa.. Barangkali ada yang terjebak dan tertipu oleh judul di atas "Situs Porno, Yadong", hingga nyasar di blog yang bersih nan suci ini. haha. Nggak, nggak ini bukan mau mencari-cari sensasi,memprovokasi atau apalah namanya. tapi hanya sekedar berbagi informasi. Dikarenakan project BSO kali ini bertema "Bukan Situs Porno" diharapkan tulisan ini dapat menggagalkan niat kotor generasi muda kita untuk tidak mengakses situs porno. Sebenernya bingung deh ini waktu udah mepet aja! Seharusnya project ini selesai tepat pada hari-hari sebelum hari ini. Tapi biasalah.. namanya juga mahasiswa yang suka pake sistem sks. Apapun yang terjadi, kewajiban harus cepat dilaksanakan dengan tuntas dan serebes-rebesnya *seberes-beresnya. Hmm, ngomong-ngomong soal situs porno. Jujur, karena aku gadis yang suci dan masih sangat lugu, aku tidak tau menau tentang hal-hal semacam itu *pasang tampang sepolos-polosnya* Tapi baiklah, mari kita kacaukan keyword "situs porno" agar mengarah ke artikel-artikel yang positif.

#back to the taupik *topic

Yadong. Pernah denger gak? Yaa istilah yadong. Ya, itu adalah korean slang untuk pornografi. Yadong merupakan kepanjangan dari "Yahan Doyeongsang". Yang berasal dari kata "yahada" yang artinya "over the top" dan doyeongsang yang artinya "video". Sebenernya yadong ini bukan hanya ditujukan buat video porno saja, tetapi juga komik, majalah, novel, gambar dan lain-lainnya yang bersifat porno. 

Awalnya, seorang teman gencar menyebut kata "yadong" aku pikir itu semacam bahasa gaul kayak slow jadi woles, atau serius jadi ciyus, demi apa jadi miapa, dan dong ya jadi yadong -_-". Dan nyata ter, ternyata... Setelah dijelaskan aku pun mengerti. Teman itu pun menjelaskan bahwa temennya yang sudah yadong akut, sering baca FF, yaaa Fanfiction. Tapi FF ini bukan FF biasa. FF yang yadong biasanya berlabel NC. Oke, buat yang belon tau apa itu fanfiction, fanfiction adalah karya dari seorang penggemar berupa cerita fiksi yang sebenernya didedikasikan untuk idola dan penggemarnya yang lain dimana tokoh dalam tulisan/cerita tersebut adalah idola-idola dari penulisnya. Dengan kata lain, penggemar artis korea membuat cerita hasil karyanya sendiri dimana tokoh utamanya merupakan idola mereka (artis-artis korea). Sedangkan FFNC, NC itu kepanjangan dari No Children. Ini menandakan bahwa FF itu berlabel yadong. FFNC ini dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan usia dari pembacanya. Jadi ada NC 17, NC 21 ada juga yang NC 23.

Terus dimana sih, bisa menemukan FFNC yadong? FFNC yadong tersedia di berbagai situs yadong terdekat *apasih. Ya jelas, ada situs tersendiri. Mekanisme pendistribusian FFNC ini sendiri dari penulis terdaftar sebagai anggota pengguna situs. Bisa log in pake password. Terus dengan adanya bantuan sang mimin *admin, FFNC yang telah mereka buat terpublikasi dengan sukses dan mungkin ada juga proses penyeleksiannya. Entahlah, kira-kira seperti itu #CMIIW. Terus yang lebih mengagetkan lagi, penulis FFNC ini berkisar dari yang berumur 15-25 tahun. Waah ini nih, ini nih.. yang masih belas-belasan taun. Miris banget gak sih??

Awalnya aku pikir, FF itu sebagai sarana penggemar untuk mengungkapkan kecintaan mereka kepada idolanya. Tapi, kalo misalnya mereka menjadikan idola mereka sebagai objek porno? Wah kasian kan idolanya. Terlebih ini yang banyak terlibat adalah kaum remaja. Baik yang baca maupun yang buat itu ada yang berumur belasan tahun.Dan taukah kamu bahwa dalam setiap tahap perkembangan umur, otak manusia mengalami perubahan fungsi. Ketika masih bayi dan anak-anak, manusia masih menggunakan bagian otak primitifnya yaitu masih menggunakan naluri alamiahnya. Menjelang remaja, otak bagian belakanglah yang lebih banyak berfungsi sedangkan ketika dewasa otak depan yang lebih aktif.

Dari seluruh tahap perkembangan otak itu, ternyata remajalah yang paling berpotensi mengalami kerusakan otak akibat pornografi. "Remaja adalah kelompok yang paling fatal rusaknya jika sudah kena pornografi. Itu karena bagian otak yang lebih berfungsi pada remaja adalah otak belakang yang tugasnya hanya menerima informasi tanpa melalui proses penyaringan atau analisis di bagian otak depan," Ujar Adre Mayza, SpK (K), Kabid Pemeliharaan Peningkatan Intelegensia Kesehatan, Depkes RI dalam acara Optimalisasi Peningkatan Intelegensia Otak di GKBI, Sudirman, Jakarta (10/9/2009). Dikutip dari forum viva;
Sebanyak 70 persen informasi masuk melalui mata. Ketika seseorang melihat sesuatu yang berbau porno, maka akan terjadi rangsangan yang langsung masuk ke otak belakang tanpa tersaring, yang mengakibatkan otak mengeluarkan cairan atau zat neurotransmiter yang disebut Delta-FosB. Zat itulah yang membuat nafsu atau libido seseorang meningkat. Semakin banyak materi pornografi yang masuk ke otak bagian belakang, maka bagian otak lainnya menjadi kurang aktif, terutama otak bagian depan. Padahal yang mempengaruhi kecerdasan seseorang adalah ketebalan korteks yang ada di bagian otak depan. Singkatnya, semakin minim kemampuan orang menyaring materi pornografi ini, semakin rentanlah mengalami penurunan kemampuan kognitif dan kecerdasannya.

Nah loh, kalo keseringan baca ato nonton yadong bakalan berdampak buruk buat kecerdasan. Terlebih buat yang masih remaja. Udah deh temen-temen yang sering mengakses situs porno. Udahan gak bagus, dosa lagi. Apalagi nih kaum adam. Masih banyak hal positif yang bisa dilakuin kan?

*BSO Project

32 komentar:

  1. waktu mepet sepanjang ini? wow! baru tau juga yadong itu apa, hehe
    baru tau juga kalau di sana ada label usianya seperti serial TV berarti ya? tapi zaman sekarang ga ngaruh deh kayaknya, anak anak aja bebas banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semalem ini ngerjainnya.. gak mepet2 banget sih hhe. Iya, biarpun berlabel begitu tetep aja yang dibawah umur masih bisa ngakses..

      Hapus
  2. http://cerita-ocha.blogspot.com/2012/09/nglembur-liebster-award.html#comment-form

    ini liebsternya... sebenarnya udah aku jawab dari dulu, tapi aku belum lapor ke kamu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasii ya Ocha dah dikerjain awardnyaa :D

      Hapus
  3. Ck ck ck....emak2 macam diriku ini berarti harus tahu istilah2 beginian yak?

    Thanks for sharing darling!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, wajib tu mba..
      sama-sama :)

      Hapus
  4. wah Qu baru tahu arti yadong kirain apa ckckcc.....
    orang tua zaman sekarang harus lebih selektif dengan bacaan dan tontonan anak-anaknya, contohnya seperti manga atau anime. orang tua pasti bakal mengira kalo manga atau anime itu untuk anak-anak, padahal lebih banyak yang ga cocok untuk anak-anak, misalnya aza manga ini untuk anak 15 tahun (jepang) tapi kontennya hmmm..... ga cocok buat anak 15 tahun disini. sory kepanjangan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kebanyakan orang tua pasti nggak tau kalo sebenernya semua yang gambarnya kartun itu gak melulu memuat konten khusus anak-anak aja.

      gpp any, i like ur comment :)

      Hapus
  5. salam kenal sist, kunjuungan perdana, kalau boleh tau mahasiswi mana ya?

    BalasHapus
  6. Baru tau tu jenis yadong.
    kalau jenis2 yang lain udah pada populer semua.
    haha

    salam solid dan salam amburadul

    BalasHapus
  7. Hihihihi....Say no situs porno..Say yess Situs Islamki !1okey Okey..

    Follow Sukses !!

    BalasHapus
  8. luar biasa infonya

    salam kenal
    salam solid blogger BSO

    BalasHapus
  9. weleh... segitunya yah pengaruh pornografi :)

    BalasHapus
  10. waahhh, dapat ilmu baru..
    sepakat untuk quotes yg terakhir :D

    BalasHapus
  11. waaah, baru tau yadong itu apaan. ;D trims buat infonya kak ^^

    BalasHapus
  12. ini sudah menjadi agenda ruin saya bersama teman-teman mbak, tapi sayang belum ada yang mendukung saya.
    alhasil dari 10 hasil pencarian di halaman pertama google, 9 artikel berkonten porno, hanya punya saya yang enggak hemmm :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti usaha kita masih kurang yaa. hmm padahal udah jadi agenda rutin. Perbandingan produksi artikel positif lawan negatif (tema ini) ternyata masih dimenangkan oleh pihak negatif. ayo galang tim dan tambah pasukan yang banyak!! generasi positif perubah bangsa menjadi lebih baik.. ^^

      Hapus
  13. Bagus kak infonya, terima kasih. :)

    BalasHapus
  14. ((y)ˆ⌣')(y)ᴹᵃᵑᵗᵃᵖ
    Sangat bermanfaat like this (y)

    BalasHapus
  15. sempet kaget ada yang minta diyadongin ama gue? Gue gak ngerti itu bahasa,, nanya ama bbrpa temen malah diketawain!! Apa coba maksud nyah,, ditanya lagi dan lagi dan lagi,,

    akhirnya tau,, #syooooookkkkkkk



    itu cewe GILA kalih'.. =,=''

    BalasHapus
  16. artikel nya bermanfaat bgd buat gw yg suka baca ff nc hahaha :D

    gw jadi inget pas gw pertama kali baca ff nc itu pas gw umur 16 dan sekali baca pasti ketagihan ....

    BalasHapus
  17. makasih ya infonya. bermanfaat banget nih :)

    BalasHapus
  18. wah imfonya sangat berguna, terima kasih sekali, mungkingue ketinggalan Zaman atau terlau sibuk, ada toh penyakit dan perusak generasi, bangsa,,,,aku dri tdi cari tahu apa itu yadong,

    BalasHapus

Jangan diem aja, komen juga dongg :D