Wednesday, 7 November 2012

Cantik itu??

Holaa amigos,

Well, beberapa waktu yang lalu sempet ngomongin ini sama salah satu bestiesku di kampus. Masalah wanita dengan kecantikan. Mutlak! Wanita yang normal pasti selalu pengen keliatan cantik. Yaah mungkin inilah yang disebut naluri wanita. hahaha. *CMIIW ya.

Sempat suatu hari, aku dan temenku terbengong-bengong tak ada kerjaan malah memperhatikan setiap orang yang lewat di hadapan kami. Dikarenakan di kampus kami itu lebih banyak jumlah kaum wanita dibanding kaum pria, kampus sejuta umat ini pun tak dapat dipungkiri menjadi salah satu kampus penghasil wanita yang cantik-cantik.muahaha (beda orang, beda versi) Nah, yang jadi masalah adalah topik pembicaraan seperti ini pun seharusnya tidak perlu ada:
April : Waah cantiknya *lewat cewek cantik dengan kerudung kuning
Aku : Waah yang ini juga cantik *cewek kerudung kuning hilang dari pandangan, muncul cewek berkerudung pastel dengan motif berbunga-bunga.
*kemudian muncul wanita berjilbab lain dengan cara berpakaian dan berkerudung yang sama.

Aku : Kalo yang ini pril?
April : Yang ini biasa aja ma..
Aku : Iya sih, biasa aja, Yaudah, yang kerudung kuning buatku aja..
April : Gak bisa gitu dong, kan aku yang duluan liat tadi!

*pembaca terdiam.
-----------------------------------------------------------------------------------

Hahaha. Nggak kok, dialog yang terakhir itu gak ada.(*salam damai buat April) Setelahnya aku pun terbingung-bingung dan muncul berbagai pertanyaan. Kenapa sampe ada dialog semacam itu? Kenapa kami ngeliatin cewek-cewek cantik itu? Kenapa cewek-cewek cantik itu lewat? kenapa gak cowok-cowok cakep aja yang lewat?? *plaaak.

     Back to the topic, cantik! Berbicara mengenai kata cantik. Persepsi setiap orang pasti berbeda-beda. Mangkanya gak bosen banget kita denger pernyataan bahwa "cantik itu relatif" . Padahal nyatanya, kriteria cantik itu ya mutlak gak bisa dipungkiri, ya yang kulitnya mulus, putih bersinar, Yaa yang tinggi langsing dan seksi. Ya yang bentuk mukanya proporsional. Hidung mancung, dagu bagai lebah bergantung ya gitu deh pokoknya .

nyomot fotonya Yoo Ara dari google

        Cantik itu mengacu pada keindahan fisik yang tergantung dari standar kecantikan oleh penilai kecantikan itu sendiri, ini yang bisa kita sebut sebagai "relatif". Kenapa? Karena ada tolak ukur untuk menilai kecantikan tersebut. Seseorang dapat dikatakan cantik apabila memenuhi beberapa kriteria seperti di atas tadi. Sayangnya, bagi sebagian orang yang merasa bahwa dirinya jauh dari kriteria cantik akan melakukan berbagai macam cara untuk mewujudkan keinginan mereka agar pujian "cantik" itu bisa terdengar di telinga mereka. Padahal sebenernya kan setiap wanita itu cantik. Masak iya ada wanita ganteng? . Hanya saja tingkat kecantikannya saja yang berbeda. Tingkat kecantikan?? we all knew apa itu sampe ada kata cantik, biasa sama jelek. Dan lagi-lagi, penyebutan itu hanya bisa kita nilai dari sebatas tampilan luar!

       Yeah, outer look!! Namanya juga lapisan eksternal. Masalah mau cantik kek, nggak cantik kek.. jaman sekarang mah hal itu bisa dimanipulasi, yap... Kecantikan luar bisa diciptakan. Mengingat banyaknya produk-produk kecantikan yang banyak beredar, salon yang bertebaran di sepanjang jalan kenangan, tempat-tempat praktek dokter kecantikan, photo editor dan fitur kamera yang semakin canggih (haha) dan lain sebagainya. Mau cantik sekarang gampang! Bedakan dengan kecantikan jaman dahulu, yang cantik itu yaa emang bener-bener cantik. Cantik yang natural. Alami, tanpa polas-poles ini itu, tanpa bantuan alat-alat kecantikan canggih, yang pada jaman dulu itu kagak ada yang namanya salon dan bla-bla-bla. Nah, sekarang?? Asal ada duit dan rela sedikit ribet dan sakit semua cewek bisa berubah jadi cantik!


Duit? yang lazimnya kita sebut uang, punya bahasa gaul yaitu pitis. Semua orang bergantung pada alat pembayaran ini. Baik yang mempunyai mata biasa apalagi yang punya "mata duitan". Semakin tinggi tingkat kerelaan untuk mengeluarkan duit dalam jumlah besar demi kecantikan, maka hasil yang diperoleh pun semakin memuaskan. Yup girls, beauty is expensive! Jelas, perawatan di salon, perlengkapan make up dari a ampe z, baju, tas, sepatu, parfum, aksesoris dan lain-lainnya itu dibayar pake apa? pake duit men! Biasanya kalangan orang kaya tidak mempermasalahkan hal ini tapi kalangan menengah ke bawah bakal berpikir beberapa kali untuk mengeluarkan duit berlebih hanya untuk predikat cantik itu. Terlebih anak kost, yaa biasanya sih malah gak kepikiran sama sekali . Boro-boro gitu ya, buat kebutuhan pangan aja sampe rela-rela ngerebus mi instan secara rutin pas akhir bulan. Apalagi mau beli maskara lah, eyeliner lah, blush on, bb cream, apalah itu peralatan dan perlengkapan make up yang banyak banget . Oke, mungkin gak semua anak kost. Anak kost yang kaya sih gak gitu kok. Biasanya anak kost yang kaya ini emang cantik-cantik sih. *eh, kok curhat?. Intinya, dengan duit, keinginanmu untuk menjadi cantik akan terpenuhi sebanding dengan berapa banyak duit yang rela kamu keluarin.

        Tampil cantik dari biasanya asalkan mau sedikit ribet. Misalnya itu kayak pake eyeliner. Jujur, aku gak bisa pake itu barang *emang pernah punya? Hebat dan kuacungi jempol buat cewek-cewek yang bisa menggunakan eyeliner dengan rapi apalagi sampe gak nyucuk di mata. Terus pemakaian jilbab jaman sekarang tuh, yang macem-macem beraneka warna bentuk dan cara pemakaiannya. Cantik-cantik kan! Ngebayangin gimana ribetnya menata semua keindahan jilbab itu, Ada yang dililit-lilit, pake peniti dan jarum pentul yang banyak, dan lain sebagainya. Hebat banget kan, cewek-cewek cantik yang bisa pake model-model jilbab kayak gitu. Berapa lama waktu yang mereka perlukan buat dandan, betapa sabar dan telatennya mereka merias wajah. waw.. voilaa! Yang mereka peroleh pun sebanding! Tampak cantik dengan usaha yang tidak minimal. Jadi intinya harus rela meribetkan diri demi tampil cantik lebih dari biasanya.


       Terus gak hanya mahal dan ribet. Sakit juga! Sakit?? Iyaa. Siapa bilang mau jadi cantik itu gak sakit? Beauty is pain!! Contoh ekstrim adalah operasi plastik. Operasi plastik itu mukanya diSAYAT, dicoel-coel atau ditambahin sesuatu terus ditutup lagi di bagian yang di operasi. Dan nutupnya itu diJAHIT, diperban bayangin itu sesakit apa rasanya. Contoh lain, umumnya itu yang pake high heels, kesian bagian kaki yang kegesek sama sepatunya. Terlebih yang menopang berat tubuh adalah kaki dalam keadaan berjinjit dan itu dilakukan berjam-jam mondar mandir sana-sini. fiuhh pasti menyiksaa. Contoh lainnya lagi, contoh klasiknya itu pada kehidupan-kehidupan primitif suatu budaya tertentu misalnya dulu di Cina, cewek yang cantik itu yang menggunakan sepatu yang berukuran kecil. Jadi biar bikin kakinya kecil, mereka melakukan pemotongan kaki mengerikan biar muat masuk ke dalam sepatu yang mungil banget ukurannya! Semakin kecil sepatunya semakin cantiklah dia. heuu ngeri deh .



        Bener kan yaa, cantik itu gak cuma mahal dan ribet, tapi juga sakit! Nah, itulah keistimewaan seorang wanita. Yakni kecantikannya. Betapa besar perjuangan seorang wanita untuk menjadi cantik. Jadi jangan anggap remeh banyak cewek yang melakukan itu semua hanya untuk sekedar mendengar kata 'cantik' di telinganya. Okeh, aku sadar aku jauh dari kriteria orang cantik dan aku emang gak pinter masalah berdandan . Tapi sebagai seorang wanita *tsaah, paling gak aku berusaha tampil cantik buat seenggaknya biar aku sendiri nyaman dengan penampilanku sendiri dan dengan caraku sendiri. yah, dengan begitulah caranya kita bersyukur atas kecantikan yang dikasi Allah ke kita. Iya, kecantikan kita sebagai orang asia. Betapa beruntungnya kita terlahir sebagai wanita asia. Coba bayangin kalo kita terlahir sebagai orang *maap afrika kita bakal ngiri deh sama orang Indonesia. ciyeee..  




       
       Tapi ingat girls, jangan hanya karena kecantikan sampai membutakan mata hati kita. Ingat, Outer look itu hanya tampilan luar yang hanya sebatas dipandang saja. Kita juga harus memperkaya hati kita dengan kecantikan dari dalam. Yak, itu dia yang sering disebut inner beauty. Kecantikan luar itu cuma semu, bakal lapuk dimakan usia. Tapi kecantikan dari dalam sejati sepanjang masa.

23 comments:

  1. speechless gue lihat percakapan lo, sama temen lo yg namanya april itu :3, mengingatkan gue sama adik gue saat kecil, suka rebutan mobil yang lewat di jalanan, padahal hanya lalu lalang .

    Karena ngomongi kecantikan, jadi gue cuma bisa bilang INNER BEUTY itu memang anugerah yang tiada duanya untuk cewek.

    Btw...ada loh ma, cewek yang bermuka ganteng, ciyus deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. gak jauh beda ama gue waktu kecil yang ngeliatin makanan yang ada di buku resep terus rebutan deh ama temen.

      Maca cih? Ciyus? Miapah? Miuah? Diungkus, kayet dua. XD

      Delete
  2. jangan liat luarnya, liat dalemnya juga dong....
    #membela diri

    ReplyDelete
  3. setuju bgt, yg penting cantik hatinya O,O

    ReplyDelete
  4. benar juga sih, kecantikan luar itu emang gak akan pernah abadi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak ada yang abaaadi.. tak ada yang abaadiii *nyanyi ^^

      Delete
  5. Betul... inner beauty is most important than everything.

    Coba bayangin aja, misalnya ja cuantikkkk banget gitu (luarnya), langsing, trus kemana-mana bau wangi, tapi abis gitu orange ternyata jutek & suka boo'ong, plus sombong minta ampun (karena ngerasa cantik), coba deh bayangin, paling-paling orang lain juga bakalan ilfeel malahan.

    So, increase inner beauty qt ya, g perlu ribet2 dandan, gak perlu ribet2 ke salon segala macem, tapi banyak temennya..

    Pasti hidupnya bakalan happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, iya tuh bener banget, kalo cantik terus sombong sama aja bo'ong. cantiknya gak ada harganya.

      Yee ayo kita tingkatkan kecantikan hati kita supaya hidup happy :D
      setuju sama komennya cantik :)

      Delete
  6. wah menarik sekali, sampe segini jelasnya mbak ^_^ betul sekali lebih bagus kalo kita menyeimbangkan antara outer look sama inner beauty. tetap cantik dengan cara menjaga apa yang Allah anugerahkan kepada kita, sebenernya aku baru tau cara make eyeliner itu mbak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah hebat, udah bisa make eyeliner ^^

      Bener banget, seimbangakan yang di luar dan yang di dalam, jangan lupa juga bersyukur atas anugerah itu kepada Sang Pemberi biar keseimbangannya makin seimbang hehe

      Delete
  7. seorang cewek bisa menyandang predikat cantik itu ga cuma dari fisiknya aja, tapi juga dari pembawaan dan perilakunya. Apalgi kalo salatnya 5 waktu. Cantik benget tuh ::D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener tuh.. sama aja, cowok juga gitu. Bisa menyandang predikat cakep tuh dari pembawaan dan perilakunya terlebih salatnya 5 waktu dan gak pernah absen ke masjid pas solat jumat. wew

      Delete
  8. iih astagaaa itu yang di china ngeri banget sampe potong kaki... :-s

    ReplyDelete
  9. Melihat kecantikan dari Hati dan Fisik mungkin akan lebih sulit melihat kecantikan yang ada di dalam hati...

    ReplyDelete
  10. Cantik itu memang relatif, tapi sexy itu mutlak hahaha
    tapi tetep bagaimana pun cewe yang cantik itu yang natural...
    ada yang bilang, kalau mau lihat kecantikan seorang wanita lihatlah saat bangun tidur, kalo pas bgn tidur udah keliatan cantik itu baru cakep...

    eh kunjungi blog aku juga ya :D komennya ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. orang bangun tidur, gak usah pas baru bangun. Pas lagi tidur aja.. bakal keliatan kok kenaturalannya..

      udah berkunjungg..

      Delete
  11. cantik itu... BBB. Brain, Beauty, Behaviour.

    ReplyDelete
  12. Cantik itu BBB. Brain, Beauty, Behaviour.

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D