Thursday, 28 March 2013

RP (Role Play) Apaan Sih ?


        RP?? apaan sih? Kalo kamu gak tau apa itu arti dari RP, berarti kamu harus kembali lagi mengulang pelajaran SD. Terlebih lagi kalo kamu tinggal di Indonesia, bener-bener gak tau artinya RP apaan? Udeh, sono.. pergi dulu berkelana jauh dari Indonesia, cari bekal yang cukup dan ilmu yang banyak dan jangan sampe pas udah balik lagi ke sini masih gak tau arti RP apaan. Udah.. better enyah, go far far away aja, masak mata uang negara sendiri kagak tau. Nih, Rp...


       Iyeee Rp itu Rupiah. Pada tau semua kan, Nah.. baru ‘ngeh kan.. yaudah. Siapa sih yang gak tau Rupiah? Semua orang cinta rupiah, biar dollar di mana-mana. Aku cinta Rupiah karena ku anak Indonesiaaaa *muter lagunya Cindy Cenora* .


Okeh, okeh baiklah.. satu hal yang harus kalian sadari sebelum lanjut baca tulisan ini. Tolong jangan fokuskan sama Rupiahnya tapi sama Judulnya. Karena yang bakal kita bahas di sini bukan Rp. Tapi RP. *kemudian dilempari bakso*

 
RP apaan sih emang??



Jangan karena membahas topik ini, lantas kalian bakalan mikir kalo aku adalah RP-ers? Nggak, aku bukan pemain RP. Dan karena RP ini menarik untuk dibahas, maka ayoo deh kita bahas bareng bareng apa sih RP itu sebenernya. Oleh karena itu, spesial aku datangin narasumber terpercaya yang gak perlu dipertanyain lagi keprofesionalannya lagi di RPW (Dunia RP). Yang gak lain dan gak bukan adalah temenku sendiri. Sebut aja namanya Diana (Bukan nama sebenarnya). Setelah bertanya tinyi kepada sang narasumber, diperoleh data sebagai berikut (?).
 

RP itu kepanjangan dari Role Play. Biasanya sih istilah umumnya di Indonesia atau penyebutannya "Role Player" Namanya juga role-play, artinya bermain peran. Permainan ini dimainkan oleh fanboy maupun fangirl atau penggemar cewek maupun penggemar cowok (umumnya sih kebanyakan cewek) yang pengen banget mengekspresikan idolanya dan merasakan bagaimana sih rasanya kalo jadi idola.

RP yang lagi ngetrend di Indonesia adalah Dunia RP yang idolanya adalah artis-artis Korea. We know lah ya kaaan. Yaa personel girlband, boyband, pemain film atau drama Korea. RP bisa ditemukan dan dimainkan di fb, twitter, BBM dan lain lain.. Menurut jangkauan wilayahnya, RP ada dua. Ada RP internasional dan ada pula RP lingkup negara. Kalo RP yang internasional itu pake bahasa internasional, bahasa inggris dan dimainkan oleh role players dari mana aja, nggak terbatas pada satu negara aja. Sedangkan RP lingkup negara terbatas di satu negara aja. Misalnya RP Indo, RP Malay, RP Thailand dll. Berati yang main di RP itu adalah orang-orang atau warga negara di negara itu saja dan yang pasti bahasa yang digunakan adalah bahasa negara tersebut.

Layaknya sebuah negara, ada pemerintah beserta aparatur-aparatur yang berwenang untuk mengatur dan mengendalikan kondisi negara agar tetap aman dan tentram. Maka, dalam dunia RP juga ada agensi yang berperan sebagai mediator, penyedia sekaligus pengatur segala kegiatan administrasi yang berlaku di dalam dunia RP itu. Dan dalam dunia RP berdasarkan jenis agensinya, maka dapat digolongkan menjadi tiga yakni; Closed agency, open agency dan No agency. Closed agency adalah Role Play yang pada agensinya tidak diperbolehkan untuk para anggotanya mengikuti agensi lain. Jadi, jika ada satu akun Role Player sekali main di RP Closed Agency nggak boleh lagi gabung di agensi lain. Open Agency, artinya agensi ini memperbolehkan anggotanya untuk gabung ke agensi mana aja. Dan No Agency, berarti jika RP dimainkan tanpa ikut atau gabung agensi manapun.

Berdasarkan diperbolehkan atau tidaknya seorang Role player cewek berperan sebagai idol cowok atau sebaliknya yang biasa disebut TG (Transgender) dalam suatu agensi, dibagi menjadi dua ; Agency no TG (
tidak diizinkan) dan Agency TG allowed (boleh). Biasanya username dalam satu agensi harus samaan, misalnya kalo nama agencynya ABC jadi nama usernamenya adalah ABC_namaidolnya. contoh : ABC_Paimin *kalo nama idolnya adalah Paimin (misalnya)

Di dalam dunia RP juga terdapat berbagai macam istilah, di antaranya, Hiatus: temen-temen blogger pasti juga pada tau istilah ini, maksudnya istirahat sebentar, kalo diibaratkan kayak beruang yang lagi hibernasi di musim dingin gitu. OOC : Out of character, maksudnya apabila dijumpai pemain RP yang memerankan idolnya tidak sesuai dengan karakter asli sang idola. CHARA : maksudnya character RP yang dimainkan. Misalnya SUJU leeteuk, SNSD Jessica dll. JB : Join Bareng ; Istilah ini digunakan ketika sedang menyambung obrolan, maksudnya nyambung komentar di tweet/status pemain lain. Open follow : Adalah siasat role player untuk mendapatkan follower . Yaa semacam promosi gitulah. Couple RP : Sama fungsinya seperti pacarnya role player/ pasangan. Deact : Deactivated account; mematikan akun RP. Akun tersebut gak dipake lagi. 

SNSD JESSICA

Selain itu, banyak fitur-fitur yang menunjang para Role Player dalam menjalani dunia peran di dunia RP, fitur-fitur tersebut antara lain;  Menfess : Mention confess---semacam penyampai surat kaleng di RP. Jadi misalnya kalo ada Rpers ingin menyampaikan sesuatu kepada pemain lain, tapi nggak penegen ketauan si pemain ini yang mengirimkan surat kaleng tersebut, maka menfess ini adalah semacam jasa pengiriman surat kaleng yang tepat. Di dunia RP banyak banget akun-akun penyedia menfess. Cara buat menfess juga gampang, tinggal follow akun twitter biro menfess ini, terus setelah di follback dan dapet DM, baru deh bisa ngirim menfessnya.  Selain ada biro menfess, di RPW ada Rumah sakit RP, Radio RP, EO (Event organizer) RP Penghulu RP, Pendeta RP, Akun jasa we got love (We got couple) atau biro jodoh. Kantor polisi RP , Penjara RP juga ada. Buseet kayak di dunia nyata aja yaa. Lengkap!
 
       Kata Diana, Dulu pas awal-awal RP masi dimainkan oleh orang yang bener-bener mengerti apa gunanya RP, RP itu masih sesuai dengan tujuan RP sebenarnya . Yakni para Role Players melakonkan karakter idol sesuai karakteristik sang idola. Tapi seiring dengan berjalannya waktu dan menjamurnya wabah hallyu di mana-mana maka banyak pula bermunculan Role Player under age alias di bawah umur. Saat ini, umur para Role player berkisar antara 9 – 27 tahun. Bayangin mameeen, 9 taoon udah maen RP??? Mau jadi apa anak itu kelak?? Oleh karena para Role Player under age itu gak terlalu ngerti RP, akibatnya mereka menyalahgunakan akun RPnya. Yap, biasalah, namanya juga bocah, masih ababil.. OOC gitu . Karakteristik anak muda jaman sekarang kan gitu. Yang suka curhat lah, nyari perhatian lah, status gak penting lah di akun RP. Padahal gunanya RP bukan buat itu.  Kebayang gak sih kalo ada misalnya Jessica lagi ngetwit kayak gini "Aduuh nungguin abang Bakso lewat depan kost kok nggak lewat-lewat sih?? Bete gue, Lapeeer :'(" Tsk. Emangnya Jessica doyan bakso? Emangnya Jessica ngekost? Emangnya masalah gitu kalo Jessica lagi laper terus dia bete?? itulah contoh dari OOC.

Dan yang terakhir, Diana mau ngasih pesen nih buat temen-temen dan adek-adek yang lagi penasaran sama RP dan berniat buat memainkan RP.
Sebelum memutuskan untuk jadi RP-er, lebih baik kita memahami dulu apa itu fungsi RP sesungguhnya. Karena jika kita sampe OOC di RP, hal tersebut bisa merugikan idol yang kita perankan. Karakter idol bisa rusak dan imagenya jelek yaa gara-gara OOC tadi.

So, guys, gals... Itulah sekilas info tentang RP. Kalo aku sih lebih suka Rp (Rupiah) hehe. Makasih banyak buat Diana yang udah mau jadi Narabersumber istimewa pada pembahasan kali ini. Tanpa bantuan kamu, artikel ini nggak akan kelar-kelar sampai dua bulan ke depan. *Padahal sih ngewawancarai Diana-nya udah mulai bulan kemaren -_-“ emang dasar pemales!! Maafkan saya Oh Dianaaa, sudah memPHPkan kemunculan namamu dalam tulisan yang kubuat ini. Dan akhirnya namamu (Diana) hanya sebatas “bukan nama sebenarnya” semata.. HAHAHAHA. Dan siapakah, Diana sebenarnya?? ----- (sebatas tanda tanya)
***

37 comments:

  1. Setelah membaca post ini aku baru tahu apa itu kepanjangan dari RP hehehehehee....

    ReplyDelete
  2. cuman 2 kata aja nyabangnya diskripsi bisa sampek segitu banyak macemnya ya? baru ngerti haha :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. berkat narasumber yang banyak membantu ituh :3

      Delete
  3. Serius deh Ma, saya baru tahu eksistensi dunia RP lewat kamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoho moga info ini bisa bermanfaat

      Delete
  4. Ternyata di dunia ini ada benda seperti itu, si RP itu. Menarik dan informatif sih, tapi sayang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada permainan seperti itu. Tapi sayangnya kenapa?

      Delete
  5. yang penting mah jadi diri sendiri aja :) salam kenal

    ReplyDelete
  6. Owalah.. baru ngeti aku tentang Role Play..
    Btw, sama dong gue juga sukanya Rp bukan RP wehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha iyee karena kita anak indonesiaa :D

      Delete
  7. aku juga milih rupiah aja deh
    hehe :D
    liat fotonya jessica jd pengen nonton the boys ah..
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha. itu foto jessica di MV I GOT A BOY heheh. selamat menonton

      Delete
  8. oh jadi ngerti deh RP apa , thanks

    ReplyDelete
  9. Open follow jdinya akun lain ngefollow kta ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap.. kita promosi gitu maksudnya..

      Delete
  10. Nice info! ^^
    Yahh,,, sekarang emang dunia RP agak menyimpang ya...

    ReplyDelete
  11. fhy_lee heajung30 June 2013 at 14:14

    Tetep kagak ngerti cara gabungnye --"

    ReplyDelete
  12. hehe bener banget ! aku aja maen rp dari umur 10. sekarang aku udah 11 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yg ngejelekin idolnya tuh si selgomrp , dia caper banget &suka ngaku2 pacar orang. terus kalo dimention sama rp cowok pasti balesnya pake emot :* dihh jijik gue

      Delete
  13. itu maksudnya ngadain event apa ya?

    ReplyDelete
  14. itu maksudnya ngadain event apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. event gitu misalnya pernikahan rp,ulang tahun,atau konser gitu hehe maaf aku yang jawab :)

      Delete
  15. iyaa kak main rp ada rasa nagih jugaa wk aku main rp dari tahun 2011 sampe sekarang hihihi-________-

    ReplyDelete
  16. Gomawo yah artikelnya ngebantu banget, aku gk ngerti apaan arti tg trnyta transgender toh :3 sering liat di twt kyknya seru main rp, tapi iya bner rp skrg udah bnyak yg menyimpang yaa -,-

    ReplyDelete
  17. Udh gamain rp lagi:) maaf aku yg jawab..

    ReplyDelete
  18. saya tahu role player bukan yang korea sih tapi role player anime. dan ada juga role player yang membentuk karakternya sendiri gitu dengan ngisi data dan sebagainya ke admin.

    belum pernah main RP yang serius sih. dan karena RP yg saya tahu tentang Anime pastinya jalan ceritanya juga seperti anime dimana ada pertarungan fantasi, cinta dan lain lain gitu

    ReplyDelete
  19. Shabrina Septiani N.H10 March 2016 at 17:34

    newbie artinya apa ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Newbie itu kaya pemain baru atau pemeran baru

      Delete
  20. Hi Chingu.. Infonnya berguna bgt..
    Aku mau share tempat nonton k-drama yg oke bgt n ga banyak iklannya..
    www.nontonyuks.com
    Gomawoo..

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D