Saturday, 5 September 2015

14 Illustrator Inspiratif yang Harus Kamu Tahu


       Illustrator, Yap! Mereka adalah orang orang yang diberi karunia oleh Tuhan berupa kemampuan seni rupa dan imajinasi yang hebat, sodara.. sodara.. (apasih iklan tok*pedia). Illustrator, dibayar dan memiliki penghasilan karena mereka dapat membuat gambar untuk suatu keperluan yang ditujukan untuk orang banyak. Dan biasanya, gambar yang dihasilkan juga bukan gambar biasa, setiap gambar yang dihasilkan illustrator memiliki suatu pesan yang memiliki makna tertentu atau dapat menyampaikan sesuatu. Misalnya nih ya, seperti ilustrasi buku, cover buku, ilustrasi dinding di cafe, pusat perbelanjaan, ilustrasi produk, ilustrasi pada desain logo, dan lain-lain. Nah terus apa bedanya ilustrasi dengan fine art? Fine art dikerjakan oleh perupa dan fine artist. Gambar yang mereka buat tidak ditujukan untuk keperluan orang banyak, melainkan untuk keperluan pribadi, kebutuhan individu ataupun yang biasanya dipajang di dinding rumah. Contohnya seperti lukisan dan sketsa. Nah di sini aku mau bagikan sedikit informasi tentang illutrator inspiratif yang di antaranya juga fine artist yang karya-karyanya sungguh membuat mata kita betah berlama-lama memandang karya-karyanya. Deretan Illustrator inspiratif yang aku masukin di sini hanya berasal dari deretan illustrator favoritku dan yang sejauh ini aku tahu. Karena mungkin di luar sana, illustrator banyaak sekali.  Yuk kita simak! 

Alina Chau



Bagi kamu yang suka sama ilustrasi di buku anak seperti dongeng atau tentang kisah dongeng hewan-hewan di hutan. Ilustrasi dari Alina Chau cocok jadi inspirasi buat kamu. Kebanyakan karya Alina Chau dibuat dengan cara tradisional dengan menggunakan media cat air. Uwuwuw suka banget sama warna-warna soft di setiap ilustrasinya ditambah karakter karakter yang lucu dan selalu riang gembira. Jadi pengen baca buku-buku yang diilustrasiin sama Alina Chau. Penasaran sama karya-karyanya? kamu bisa kunjungi websitenya di sini

Teagan White


Mbak Teagan White ini punya ciri yang sangat khas di setiap ilustrasinya. Ilustrasinya floral-floral vintage lucu gitu. Karyanya juga sering muncul di buku anak. Selain itu mbak Teagan White ini jago desain dan tipografi juga loh. Coba aja kunjungi webnya. klik di sini.

Jennifer Healy


Kalo kamu punya instagram, nggak ada salahnya tengok akun mba Jennifer Healy (lihat gambar). Gambar-gambarnya bagus-bagus. Warna warna yang dipake soft, tapi detailnya tetap oke banget. Kalau Tante Alina Chau suka pake cat air, mba Jennifer sukanya pake pensil warna. (kemudian ditimpuk sekampung gegara sok ngakrab pake panggil mba dan tante). Faber Castell Polychromos uwaaa... itu sedikit bocoran merk pensil warnanya. Kamu juga bisa kunjungi websitenya di sini, di sana juga ada hasil karya digital paintingnya. Fairy Fantasy gitu deh superrr!

Ozabu


Ozabu, coba cari deh di instagram. Illustrator asal Negeri Doraemon ini punya karya-karya yang detail banget. Kamu bakal dibuat tercengang sama beberapa karyanya yang unik dan khas. Amaaaazing!! 

Fahfahs NK

Mungkin sudah pada nggak asing kan sama karya-karyanya fahfahs? Illustrator cewe imut dan teman-teman hewannya ini lucu lucu dan menggemaskan. Banyak dari karya-karyanya kita bisa jumpai misalnya di sticker LINE. Media yang digunakan cat air. Sukaa banget deh. tengok aja akun instagramnya. (lihat gambar) 

Ira Sluyterman Van Langeweyde (iraville)


Illustrator dan Character Designer ini berasal dari Jerman. Coba deh kamu bisa liat-liat hasil karyanya di instagram. Hasil karyanya lucu-lucu pengerjaannya sebagian besar pakai cat air, tapi Ira ini juga pinter pake pensil warna, pastel, sampe digital painting.  kamu juga bisa tengok Youtubenya, disana ada video-video speedpaintingnya Ira. Skillnya gak diragukan lagi, Favoritlah pokoknya buat aku!

Jiwoon Pak




Beralih ke Negeri Ginseng, Korea. Artist korea nggak melulu boyband sama girlband, kok! Jiwoon Pak misalnya, Digital illustrator korea yang juga menginspirasi. Walupun karyanya masih belum terlalu banyak, Tapi karya-karyanya bagus-bagus. Kalo aku perhatikan, dalam ilustrasinya itu selalu tersimpan makna. Kamu bisa kepoin Jiwoon Pak di Behance.net: jiwoon atau kunjungi websitenya klik di sini.

Dari tadi orang Luar melulu, yang Dalam negeri emang gak ada? Eitsss...Indonesia juga punya dong! Berikut beberapa illustrator Indonesia yang menginspirasi selanjutnya.

Elfandiary Deniharza



Siapa sih yang gak kenal sama mas Elfan. Aku aja kenal, kok! Tapi sayang, dianya yang gak kenal aku. huahaha. As you can see at pic, di instagramnya bisa kita jumpai mahakaryanya. Semua aku suka karya-karyanya. Apa lagi watercolor paintingnya. Bakatnya luar biasa!!


Dika Toolkit

Mas master yang satu ini siapa yang gak kenal coba? look.. look! sketsa-sketsanya aaamaaaazing. Gak tau kenapa kalo liat mas ini kok kaya mirip mas elfan juga sih. Kaya adek-kakak aja gitu. haha. Yang sekarang juga masih aku pertanyakan siapa sebenernya nama asli dari mas toolkit ini? hmm unik, hehe. 

Lidia Puspita Dulam


Illustrator kreatif satu ini karyanya unyu-unyu pokoknya gemesss. Warna-warni ceria tapi gak pernah norak. Favoriiitku pokoknya.


Nengiren


Kalo yang lain karyanya ceria, gembira dan warna-warni. Neng Iren punya karya yang beda dari yang lain. Hitam putih tapi ada sapuan sedikit warna-warna unyu sebagai pemanis gitu. Sukaaak!

Hezky Kurniawan

Kreatif! Punya ciri khas. Karyanya mencengangkan! Kalian bisa liat di instagramnya Hezky Kurniawan. Indonesia Punya ni!!

Oon Oktavianto



Ini ada salah satu master emesh dari Bali. Oon Oktavianto. Di instagramnya kamu bisa liat karya-karya dari digital ampe manual. Ilustrasi, sketsa, doodle dan juga tipografi. What a talent!!

Puti Karina Puar

 Mba Puty, berdomisili di Balikpapan. Dekat aja dengan Samarinda haha. (Hasil kepoin byputy.com). Di Instagram dan webnya mba Puty punya ilustrasi  yang cute banget. Aku suka sama doodle-doodlenya yang nggemesin. 

Nah, itulah beberapa illustrator yang menginspirasi gaes. Semoga dapat membantu kita kalau lagi bosen atau lagi suntuk bisa tengok-tengok karya-karya mereka. Semoga terinspirasi! 


Ini ada bonus, biar ganjil jadi 15 haha.




Yang ini sih amatiran, yang bukan illustrator dan juga bukan fine artist.  Hanya orang yang menyukai seni dan melakukan apa yang disukai. Dan yang lebih menyedihkan dia tidak punya artstyle yang khas T.T. Tapi berharap suatu hari nanti bisa jadi illustrator juga. Jangan sungkan untuk memfollow akun instagramnya hehe. Btw imaji_nasi berasal dari kata imaji yang digabung dengan nasi. Imaji artinya gambar, nasi artinya beras yang udah dimasak. Jadi imaji_nasi artinya gambar beras masak --" 

image source: 
instagram.com
behance.net
alinachau.com
teaganwhite.com

17 comments:

  1. Semoga Ima Nurani kelak jadi ilustrator terkenal juga. Aamiin.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, nggak harus terkenal sih. Ya paling gak harus lebih baik dari sekarang :)

      Delete
  2. tapi jujur saya lebih suka ilustrasi punya mba ima :) apalagi yang jadi header blog ini

    ReplyDelete
  3. menurutku Jennifer Healy paling bagus,,, tapi yang lain juga gak kalah bagus,, oh yang bawah juga bagus kok hihih salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi terima kasih yaaa. salam kenal balik :)

      Delete
  4. kalo inspirasi aku tuh, ada windahuhul, gunawan wibisono terus yang terakhir nurraniima juga... ilustrator lokal haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk makasih sudah menjadikan kami inspiratormu dis :"

      Delete
  5. terimakasih banyak, sangat menarik sekali nih...

    ReplyDelete
  6. ilustrator aeppol sm salgoo jg bgus.. cek aj dfb.. gmbrx keren2

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D