Thursday 6 December 2018

Peralatan dan Perlengkapan MPASI Penting yang Pasti Perlu dan Kepakai

Mulai 03 Desember 2018 Dedek Fatih udah genap 6 bulan. Akhirnya ummi bisa kasi reward dedek berupa sertifikat lulus ASI Eksklusif.



Terima kasih AIMI Indonesia atas template sertifikatnya 😀.

Kalau udah lulus ASI eksklusif berarti Dedek udah siap nerima Makanan Pendamping ASI alias MPASI. Jadi umi harus persiapkan juga dong peralatan dan perlengkapan perang * eh maksudnya peralatan dan perlengkapan MPASInya. Karena baru pertama kalinya, umi jadi agak riweuh cari informasi ke sana dan ke sini. Ublek ublek youtube dan juga blogwalking. Sebulan sebelumnya sih umi udah mulai ngelist apa aja yang bakalan dibeli. Tapi makin lama makin sering liat dan dapat rekomendasi yang baru umi jadi makin galau. " Kok yaa perlengkapan makan bayi aja mahal banget sih! Banyak juga lagi yang mau dibeli. Rempong 😭" .

Karena kebanyakan mikir akhirnya umi kehabisan waktu. Seminggu sebelum dedek MPASI baru deh umi borong semua peralatan dan perlengkapannya. DAN HAMPIR SEMUANYA belinya online 😂. Ini dia penampakan barang barangnya.



Waaaa dikit banget kaaan.. In sya Allah biar sedikit yang penting berkah (kepakai). Umi sudah pikirin masak masak mateng mateng biar semua yang dibeli gak mubadzir. Kalau mau nurutin kata orang-orang dan trend yang lagi in, bisa bisa malah cuma bisa beli peralatan MPASInya doang bahan bahan makanannya?? Hmmm.. (Maklumlah yaa keluarga umi dan dedek fatih adalah keluarga kecil yang sangaat sederhana).

Di bawah ini umi akan kasi tau ke buibu sekalian yang mungkin lagi pusing persiapan MPASI dedek bayinya yang udah 6m+ dan mulai perlu diberikan tambahan makanan. Yang saya tulis di sini memang mungkin belum tentu akan cocok di ibuibu sekalian tapi saya harap bisa membantu mudahkan persoalan yang sedang kita hadapi tersebut.

1. Baby Feeding Set

Yang ini nih yang paling utama. Satu set terdiri dari sendok, mangkok dan ada juga yang udah ada training cupnya. Paling utama karena gak mungkin dong si dedek mau makan gak ada sendoknya gak ada mangkoknya haha.. iya masak mau bercanda. Biasanya kalo aqiqahan banyak yang bakalan kasi kado ini kok. Dedek sih kemaren juga dapetnya pas aqiqahan jadi umi gak perlu beli lagi. Kita dapetnya yang merk Pigeon. Merk sejuta ummat lah ini. Kalo untuk kualitas udah pasti pigeon ini bagus dan juga terjangkau. Dan yang paling penting BPA free 😁👍

2. Baby Food Maker

Baby food maker ini satu set alat untuk membuat makanan si kecil ya buibuu. Jadi dalam satu set udah ada saringan, sendok pelumat, parutan dan perasan jeruk. Jadi gausah lagi deh repot repot beli satu satu. Ini praktis banget dan harganya sangaat ekonomis. Umi sih beli yang merk kiddy yang harganya sekitar 30ribuan. Pengennya sih beli merk pigeon cuma umi mikir mikir lagi paling juga cuma dipake bentar. FYI pigeon food maker harganya ada di kisaran 200an. Tapi itu sih kembali lagi ke pilihan buibu sekakian yaa. Ada banyak pilihan juga kok merk food maker yang lain misalnya richell dan simba. Yang penting BPA free, aman buat bayi. 😁👍

3. Panci / Pengukus

Sebenernya sih umi pengen banget beli panci kukus merk chefina. Tapi apalah daya susah carinya. Yaudah umi mulai hunting panci di toserba yang ada di balikpapan. Eh tapinya kok panci kukus rata rata gede gede gaban gitu. Yaudah umi akhirnya sekip ajah. Umi pake panci kukus yang udah ada di rumah. Tentu aja ini panci khusus buat masak makanan si kecil aja yah buibuu.. yang penting BPA free *eehhh salaah mana ada sih panci BPA free 😅

4. Training Cup

Umi pilih training cup yang udah sekalian mencakup 4 tahapan bayi belajar minum sendiri. Maksudnya umi beli yang udah satu set dari step 1 sampe step 4. Gak mungkin kan yah bayi itu ujug ujug langsung bisa minum sendiri pake gelas layaknya orang dewasa. Jadinya pasti si bayi itu harus belajar. Nah umi pilih Pigeon Mag Mag All in One Set. Ini training cupnya tinggal ganti tipe alat isapnya. Step 1 untuk 3m+ pake dot (nipple), Step 2 untuk 5m+ bentuknya spout, Step 3 ada sedotannya (straw cup) buat 8m+ dan Step 4 drinking cup kaya gelas gelas pada umumnya, ini juga udah bisa dipake mulai 8m+.

5. Blender/Chopper

Umi galau kemaren mau beli food makernya baby safe (steamer+blender) atau hand blender aja. Yang jelas blender bakalan bantu banget kan di awal awal mpasi, dimana umi kudu buat puree dengan tekstur haluus buat si dedek. Tapi umi ingat kalau untuk mengaluskan bisa pake saringan. Haha. Jadiii umi gak usah beli blender lah yaa........ Tapi umi sih tetep beli blender yang jenisnya chopper. Merk little giant, Top Mini Chopper. Soalnya umi kegiur ama ini produk bisa giling daging loh.. gak perlu pake air pulak 👍. Jadi ini bisa umi pake buat jangka panjang. Soalnya abi minta umi belajar bikin bakso dan empek empek. Makanan paling enak sejagad raya.... Menurut dia. Terus umi bisa bikin perkedel dan sambel juga dong yaa pake ini.😁 Beberapa hari ini umi udah coba bikin mpasi dedek pake itu blender. Ada beberapa bahan yang berhasil halus lus luss muluss kaya kentang. Ada juga yang susah halusnya kaya bubur nasi. Ini juga mungkin dikarenakan takarannnya yang terlalu sedikit. Jadi chopper ini umi rasa fungsinya sementara ini harus tergadai dengan saringannya kiddy. Tapiii untuk menu 4 bintang dan naik teksturnya si dedek entar pasti chopper ini bakalan guna banget. Soalnya tekstur bisa kita sendiri yang atur. Cuma untuk awal awal mpasi ini gak dipake dulu deh choppernya.

6. Slow Cooker

Antara perlu dan tidak perlu perlu banget sih kalo ini. Sebenernya umi cuma ingin meringkas pekerjaan rumah yang biasanya umi kerjakan pagi pagi buta sebelum dedek fatih bangun. Walaupun biasanya juga dedek yang bangun duluan bangunin umi abi. Tapi seenggaknya masi ada abi yang belum berangkat kerja, jadi bisa jagain dedek sementara umi cucian. Slow cooker ini sekilas mirip rice cooker tapi cara kerjanya berbeda nyata yah buibu. Namanya juga slow jadi kalo orang yang gak bisa sabar umi saranin gak usah beli ini deh. Eh bercanda kok buibuu.. hehe. Maksudnya kalo mau cepet gitu gak bisa pake slow cooker. Secara masak bubur pake slow cooker paling cepet 2 atau 3 jam. Cuma kalo umi sih paling suka sama barang barang praktis nan ajaib. Jadi umi pikir sih malam hari umi cemplung cemplung bahan, besok pagi udah jadi bubur. Nggak perlu repot masak bubur pagi pagi udak aduk berkali-kali. Umi belinya yang merk baby safe yaaa. Ini lebih terjangkau dibanding merk takahi yang konon katanya lebih baguss. Keunggulan memasak pakai slow cooker kandungan kualitas gizi yang ada pada bahan masakan tetap terjaga karena melalui proses pemasakan dengan suhu relatif tidak terlalu panas sehingga tidak merusak gizi masakannya. Tentunya mau pakai slow cooker atau nggak sih kembali pada pilihan buibuu masing masing ya.

7. Food Container

Umi pakai ini buat nyimpan puree yang masih bersisa. Atau juga umi pakai buat ngaduk puree+asip+evoo. Biasanya food container khusus baby ukurannya kecil kecil 150ml ke atas, disesuaikan memang buat nyimpan makanan bayi yang sedikit sedikit. Urusan merk sih terserah aja buibu mau pake apa. Yang penting umi ingatin jangan lupa yang BPA free yaa. 👍👍

8. Set Kotak Makan Bayi

Tentu aja praktis dibawa kemana mana. Umi pilih Kotak makan dari Tommee Tippee Twin Taste yang ada sendok sensor panasnya. Sebenernya penasaran aja sih sama sendoknya doang hahaha. Tapi ternyata bagus juga ada tutup sendok khusus di bagian tutup wadahnya. Jadi gak khawatir sendoknya tercecer deh.

9. High Chair/Booster Seat

Udah jelas lah yaa fungsinya buat tempat duduk bayi ketika makan. Umi sih gak pengen dedek terbiasa makan sambil merangkak atau digendong. Kita beliin Booster Seat dari Babyelle Seri Gobbler udah dapat tas jd bisa dibawa keman mana. Umi urungkan niat beli high chair karena lebih mehong haha. Babyelle gobbler ini sekitar 350an harganya. Umi belinya di olshop lokal harganya beda 30rb dari harga pasar.


Ini dia penampakan booster seatnya. Lagi dipake main main sama dedek fatih. Sayangnya emang dasarnya nih anak bosenan jadi gak bisa deh lama lama di booster seat ini. Kalo kasi makan kudu ekstra juga buat menjaga moodnya.

Mungkin itu aja peralatan yang udah umi siapkan. Ada peralatan tambahan juga yang gak kalah penting kaya pisau, talenan, penjepit/capitan, tempat piring khusus babynya. Di lain kesempatan umi bakalan update postingan ini kalau misalnya ada tambahan. Mudahan bermanfaat yah buibuu.. Happy Baby Weaning 😀😊

6 comments:

  1. wow kirain dah ga ngeblog.. masih aja ada tulisannya wkwk. semangat solek.. salam buat bocahnya yak dari kating tamvan :v

    ReplyDelete
  2. kunjungan perdana, salam kenal

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Jangan diem aja, komen juga dongg :D